
Tips
24 Jun 2021
Cara Mudah Periksa Kesehatan Ruang Bakar Mesin Pakai Busi
Cara Mudah Periksa Kesehatan Ruang Bakar Mesin Pakai Busi
By adminConnect
Komponen mobil, terutama mesin, sudah diatur oleh komputer sehingga praktis sangat sedikit hal yang bisa kamu periksa sendiri.
Paling hanya ganti oli mesin dan cairan pendukung mobil lainnya, atau cek visual beberapa komponen kasat mata seperi aki atau tali kipas.
Sebenarnya ada satu onderdil mesin yang bisa kamu cek sendiri untuk memastikan kondisinya yakni busi.
Busi menjadi salah satu komponen penting yang wajib dicek karena ia yang mengatur kualitas pembakaran di ruang mesin.
Caranya juga mudah, yaitu melalui warna busi dan metode ini bisa dilakukan sendiri tanpa perlu repot datang ke bengkel.
Meski demikian, untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perbaikan sebaiknya kamu membawa mobil ke bengkel resmi Toyota agar didapatkan solusi yang optimal.
Warna Kepala Busi Mobil
Kamu bisa mengidentifikasi adanya masalah di ruang bakar mesin dengan membuka busi.
Pastikan saat melakukan pengecekan mesin dalam kondisi dingin atau ketika pagi hari sebelum mobil dipanaskan.
Dari warna busi akan ketahuan bagimana situasi dan kondisi kendaraan, khususnya mesin mobil kamu.
Apakah pembakarannya baik, kotor, sampai mengetahui gejala busi yang sudah waktunya diganti karena kinerjanya sudah tidak optimal.
Ini merupakan rutinitas penting sebagai upaya untuk menghindari efek mesin pincang karena salah satu busi yang sudah tidak berfungsi dengan baik.
Indikator Warna Kepala Busi
Indikasi busi dalam kondisi sehat bisa dipantau dari warna kepala busi setelah dilepaskan dari dudukannya.
Busi pada mesin normal idealnya ditandai dengan warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong besinya.
Jika ujung elektroda berwarna abu-abu muda (terang) maka campuran bahan bakar dan udara terlalu miskin atau kurang bensin.
Sedangkan jika berwarna gelap dan hitam pekat menandakan campuran bahan bakar terlalu boros bensin.
Pada mesin mobil modern, jumlah campuran bahan bakar dan udara sudah diatur secara computerized sehingga perbandingannya lebih ideal.
Walau begitu jika sehari-hari kamu akrab dengan jalan yang padat merayap maka warna busi ideal akan sulit terbentuk.
Bengkel resmi Toyota akan melakukan penyetelan ECU mesin untuk mendapatkan rasio bakar bakar yang mendekati ideal sehingga kinerja mesin dapat kembali optimal.
Sementara bila warna busi terlalu kemerahan mengindikasikan bahwa ada kesalahan pemakaian bahan bakar.
Umumnya karena oktan bensin yang digunakan pemilik mobil tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan.
Jika penggunaan bahan bakar yang sesuai anjuran akan membuat usia busi lebih panjang sehingga membuat kondisi mesin tetap sehat.
Atau, kalau jung insulator tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang warna hijau agak basah, mungkin saja bensin atau oli tercemar bahan lain seperti air.
Namun jika kamu melihat ujung busi mobil berwarna hitam basah mengindikasikan terjadi kebocoran oli mesin yang ikut terbakar lantaran masuk ke dalam ruang mesin.
Bisa disebabkan oleh beberapa bagian mesin yang telah aus seperti ring piston, bos klep atau atau dinding silinder yang baret/tergores.
Segera bawa mobil ke bengkel resmi Toyota jika kondisi busi mobil seperti ini karena akan membahayakan jika terlambat ditangani.