New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_745

Cara Pilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan

Cara Pilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan

Aspek penting yang harus kamu perhatikan saat berkendara di musim hujan adalah ban karena merupakan satu-satunya perangkat mobil yang berhubungan langsung dengan jalan.

Begitu kehilangan kendali atas ban, seperti ketika menerjang genangan air sehingga menyebabkan aquaplaning, potensi kecelakaan sangat besar.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara aman berkendara saat musim hujan, berikut tips cara memilih ban mobil untuk musim hujan.

1. Profil yang Sesuai

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah melihat buku manual kendaraan. 

Di dalamnya biasanya terdapat kejelasan mengenai segala sesuatunya yang berhubungan dengan mobil kamu, termasuk ban.

Pihak produsen mobil biasanya telah memerhatikan segala sesuatunya dengan baik untuk keselamatan dan kenyamanan. 

Profil lebih rendah dari standar bisa meningkatkan pengendalian, tapi mengurangi kenyamanan.

Profil lebih tinggi dari standar bisa saja meningkatkan kenyamanan, tapi membuat mobil jadi lebih tinggi dan berpotensi limbung. 

Oleh sebab itu ikuti aturan yang ditetapkan oleh produsen tersebut.

2. Motif dan Jenis Alur 

Sebaiknya kamu tidak memilih motif atau kembangan ban yang tidak lazim hanya untuk bergaya, seperti alur ban kering atau ban racing dengan alur ban minim.

Risikonya, hal tersebut malah membuat mobil tidak aman digunakan melintas di jalan basah karena berkurangnya kemampuan dalam membuang genangan air. 

Pun motif ban basah kurang baik saat jalan kering karena relatif berisik dan kurang daya cengkeram.

Ban yang baik ialah yang memiliki motif bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang. 

Pola bergaris tersebut memiliki daya cengkeram pas, yang berguna untuk memecah air saat melintasi genangan air di jalan.

Sedangkan ada dua jenis alur, yakni bidirectional dan unidirectional. 

Ban bidirectional mempunyai pola simetris dan bisa digunakan dalam dua arah. 

Sementara ban unidirectional hanya mempunyai satu arah saja, sehingga arah putarannya tidak bisa dibalik.

 Jika dipasang terbalik, kemampuannya membuang air langsung menurun drastis.

Di antara kedua jenis ban tersebut, yang cocok untuk digunakan pada saat musim hujan adalah ban jenis unidirectional karena lebih baik untuk memecah air.

3. Kompon Ban 

Kompon merupakan campuran material yang digunakan untuk membuat sebuah ban. 

Ada beberapa pilihan kompon ban yang umum di pasaran, seperti soft compound, medium compound, hard compound. 

Soft compound memang memiliki daya cengkeram yang lebih baik, tapi kekurangannya adalah ban lebih cepat tergerus dan botak dibandingkan kompon yang lainnya.

Hard compound lebih awet dalam hal daya tahan namun biasanya kurang maksimal dalam urusan grip dan kurang nyaman karena relatif keras.

Sementara untuk dua musim, panas dan hujan seperti di Indonesia, ban yang paling sesuai adalah medium compound. 

Tentunya dengan tetap melihat aspek lain seperti profil ban, alur, dan motif kembangannya.

 


Back to top