
Technology
11 Dec 2019
Dua Fitur yang Bikin Kamu Sangat Menikmati Mengemudi Toyota GR Supra
Dua Fitur yang Bikin Kamu Sangat Menikmati Mengemudi Toyota GR Supra
By IndriTraveller
Sportscar harus fokus untuk membangun ikatan emosional dengan pengemudi supaya dapat menyajikan nuansa balap tanpa terhalang oleh hal sepele yang bisa menghilangkan mood.
Makanya, desain kokpit GR Supra dirancang driver oriented dengan tujuan untuk membuat pengemudi benar-benar merasa diberikan atensi sepenuhnya.
Dan pastinya tetap nyaman karena ada pengaturan jok secara elektrik sehingga didapat setelan yang pas antara kebutuhan balap dan turing.
Panel instrumen modern di balik kemudi dengan layar 8,8 inchi terlihat sangat simpel dan mudah dipahami, tapi tetap dengan nuansa balap yang kental.
Kesepahaman antara mobil dan pengemudi terasa sangat penting untuk sportscar yang butuh respons cepat dan akurat hanya dalam waktu sepersekian detik saja.
Mode Berkendara GR Supra
Mode berkendara menjadi cara berikutnya untuk membuat pengemudi merasa kerasan berada di balik kemudi.
Sederhana saja, Toyota GR Supra hanya punya pilihan opsi mode Normal dan Sport.
Ada 4 area yang diatur secara bersamaan, yakni respons suspensi, mesin, transmisi, dan kemudi.
Alhasil, pilihannya hanya ada santun atau flat out!
Saat mode Normal, daya redam suspensi juga berada di level normal.
Bobot dan feedback kemudi terasa ringan dalam batas normal.
Respons pedal gas juga tidak menggelora dan suara mesin tidak membahana.
Pengaturan perpindahan gigi tidak sesigap mode Sport dan kamu bisa melaju santai di jalan perkotaan atau cruising di tol.
GR Supra tetap bisa dipacu, tapi tidak sampai mengorbankan kenyamanan.
Adaptive Variable Suspension
Sebenarnya sistem suspensi GR Supra sudah dilengkapi dengan teknologi AVS (Adaptive Variable Suspension).
AVS membuat suspensi dapat mengontrol respons mobil terhadap permukaan jalan secara otomatis.
Ini membuat pengemudi lebih mudah mengendalikannya dalam berbagai kondisi jalan.
Segera ubah posisi jok kamu sebelum mode Sport diaktifkan.
Sensasi berkendara ala mobil balap yang GR Supra sajikan akan ‘memaksa’ tubuh pengemudi menempel erat pada bucket seat berlapis kulit tebal.
Redaman suspensi dibuat lebih kaku, bobot kemudi terasa berat ketika diputar dengan feedback pada ban kian gripy, dan respons mesin semakin tangkas dan meluap penuh daya.
Perpindahan gigi transmisi berlangsung di putaran mesin lebih tinggi dengan reaksi yang semakin sigap.
Toyota GR Supra sanggup memenuhi segala keinginan yang dicanangkan oleh Toyota.
GR Supra hadir sebagai sportscar legendaris dengan warisan DNA masa lalu yang begitu mencuri perhatian, memiliki ikatan emosional yang tinggi, mampu menyajikan sensasi berkendara yang unik dan personal.
Dan hebatnya, bisa dipakai setiap hari tanpa kendala apapun.
Let’s hit the road!