New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3687

Filter Oli Tidak Boleh Dibersihkan, Cukup Ganti Saat Servis Berkala

Filter Oli Tidak Boleh Dibersihkan, Cukup Ganti Saat Servis Berkala

Tugas utama dari filter oli ini adalah untuk menjaga partikel kotoran yang terkontaminasi pada oli tidak masuk ke ruang mesin. Kotoran bisa berasal dari celah seal yang bocor atau ring piston yang sudah termakan usia. Oli mesin yang kotor harus disaring oleh filter oli.

Penggantian filter oli sebaiknya dilakukan bersamaaan dengan mengganti oli mesin. Toyota menyarankan untuk mengganti filter oli setiap enam bulan sekali atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Untuk menghemat biaya, ada pengguna mobil yang memilih untuk membersihkan filter oli ketimbang menggantinya. Seperti menyemprotnya dengan udara bertekanan untuk membuang kotoran yang mengendap. Padahal kamupun tidak tahu seberapa kotor filter oli tersebut.

Selain itu, filter oli tidak didesain untuk dibersihkan. Sehingga untuk perawatan, kamu harus mengganti filter oli secara berkala. Kalau dipaksa dibersihkan, filter oli tidak akan kembali berfungsi normal seperti semula.

Dikhawatirkan filter oli yang biasanya berbahan dasar kertas dengan pori-pori sangat halus, justru rusak ketika dibersihkan. Alhasil, fungsi utama filter oli untuk menyaring kotoran justru tidak dapat berjalan. Belum lagi kalau sampai ada air ikut masuk saat filter dibersihkan.

Sehingga pelumas menjadi rusak, di mana kemampuannya dalam melumasi dan melindungi komponen mesin akan menurun. Ditambah, kotoran ikut masuk ke dalam sirkulasi oli mesin. Tinggal menunggu waktu sebelum akhirnya mesin mobil kamu jebol akibat salah merawat filter oli.


Back to top