All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1544

Fitur Safety Toyota yang Membuat Kamu Terhindar dari Oversteer dan Understeer

Fitur Safety Toyota yang Membuat Kamu Terhindar dari Oversteer dan Understeer

Gejala oversteer dan understeer memang terdengar menakutkan kalau kamu gagal mencegah dan mengatasinya.

Namun begitu, Toyota memahami kondisi tersebut dengan menciptakan fitur yang diberi nama Vehicle Stability Control (VSC).

Fitur ini sudah banyak dipakai oleh berbagai model Toyota seperti Rush dan Yaris yang dijual di Indonesia.

Apa Itu VSC?

VSC adalah salah satu fitur yang memiliki fungsi penting mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat melaju.

VSC dapat mencegah roda selip dan kehilangan traksi dengan cara mengurangi tenaga mesin dan menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap roda yang membutuhkan.

Karena pada dasarnya kendaraan dengan penggerak roda depan atau belakang pasti pernah mengalami selip ketika kehilangan traksi sehingga keluar dari arah belokan ketika menikung.

VSC secara otomatis akan mengurangi power mesin ketika roda depan atau belakang mengalami selip.

Sistemnya juga akan melakukan pengereman pada masing-masing roda yang membutuhkan secara individual agar mobil tetap berjalan ke arah yang sesuai dengan jalurnya.

Sensor Pada VSC

Ada 3 sensor utama yang bekerja dalam mengatur performa VSC.

Yang pertama adalah Yaw Rate yang membaca sudut kemiringan mobil ke arah depan, belakang, kiri, dan kanan untuk mendeteksi gerakan berlebih yang memicu mobil kehilangan kendali.

Sistem pada VSC membaca speed sensor yang juga memberikan feedback pada rem ABS lantaran keduanya bekerjasama dalam mencegah mobil limbung.

Terakhir adalah steering sensor yang membaca sudut putar kemudi untuk memutuskan apakah mobil sedang mengalami understeer atau oversteer.

Kumpulan dari ketiga sensor tersebut yang memutuskan VSC dalam mendukung pengemudi mengatasi situasi tidak terkendali ketika menikung cepat sehingga terhindar dari kecelakaan.


Back to top