New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_692

Fokus di Oli, Begini Cara Bikin Transmisi Matik CVT Awet dan Bertenaga

Fokus di Oli, Begini Cara Bikin Transmisi Matik CVT Awet dan Bertenaga

Transmisi CVT mengandalkan sabuk baja yang diputar oleh sepasang puli untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda.

Desainnya terbilang ringkas dan ringan karena tidak ada deretan rasio gigi ala matik biasa.

Kurang Bertenaga

Transmisi ini pernah dikeluhkan respons daya sabuk bajanya sering ada delay dan lemah di putaran rendah.

Namun seiring waktu, pengembangan di sektor komputer mesin dan material membuat transmisi CVT kian sigap dan lincah mengikuti kemauan pengemudi sehingga terasa semakin responsif dan cekatan.

Isu lemah daya yang berimbas pada borosnya konsumsi bensin juga bisa ditekan karena sekarang transmisi ini kian mumpuni dalam membaca karakter berkendara dan optimal dalam menyalurkan tenaga.

Oli Spek Khusus CVT

Salah satu keunggulan transmisi CVT adalah komponen utama puli pemutar dan sabuk baja tidak membutuhkan banyak pelumasan.

Beda dengan transmisi otomatis biasa yang seluruh gigi wajib dilumasi.

Alhasil, kerja transmisi CVT juga lebih ringan.

Sedangkan transmisi matik konvensional butuh oli dengan spesifikasi lebih ‘berat’ ketimbang transmisi CVT.

Oli Transmisi CVT

Sebaiknya penggunaan oli transmisi disesuaikan dengan karakteristik atau spesifikasi standar pabrik agar transmisi matik CVT kamu tetap awet.

Pelumas transmisi CVT perlu spesifikasi khusus dengan tanda “Oli CVT” yang dibuat khusus untuk transmisi CVT.

Jangan sampai tertukar dengan oli transmisi biasa.

Karena umumnya oli transmisi matik biasa tingkat pelumasannya tinggi sehingga risikonya transmisi matik CVT bisa selip dan tenaga langsung terasa kurang.

Saat jalan mobil akan terasa seperti loncat, atau bahkan tidak bisa jalan sama sekali kalau kondisinya sudah sangat buruk.

Segera hubungi bengkel resmi Toyota terdekat kalau kamu mengalami situasi seperti ini.

Long Life Period

Oli transmisi CVT termasuk dalam kategori long life period bila mengacu pada buku manual.

Tapi dalam kondisi nyata, hal tersebut tidak bisa dipakai sebagai patokan baku.

Sebaiknya kamu mengganti oli transmisi CVT setiap 100.000 km, dengan catatan jalan yang dilalui setiap hari masuk dalam kategori tidak ada macet.

Hal yang sulit terwujud di Indonesia, terutama di kota-kota besar.


Back to top