All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3163

Fungsi dan Spesifikasi Teknis Guard Rail di Pinggir Jalan Tol, Bukan Sembarang Pagar Pembatas

Fungsi dan Spesifikasi Teknis Guard Rail di Pinggir Jalan Tol, Bukan Sembarang Pagar Pembatas

Kamu pasti pernah melihat pagar pembatas di pinggir jalan tol atau guard rail.

Pagar pengaman ini adalah sistem pengaman orang ataupun kendaraan, terbuat dari rail besi atau baja panjang sebagai pagar pada jalan-jalan yang berbahaya.

Contoh area berbahaya yang umumnya dipasangi guard rail adalah jalan bebas hambatan atau jalan tol, pegunungan, sungai dan jurang.

Fungsi Guard Rail di Jalan

Di antaranya, untuk mengurangi goncangan hebat sehingga mengurangi dampak kecelakaan, mencegah kendaraan terlempar keluar dari jalurnya, dan mengarahkan kembali kendaraan ke arah paralel jalan.

Bukan sembarang pagar pembatas, guard rail memiliki kriteria sendiri yang membedakannya dengan pembatas lain.

Dari sisi material, guard rail meliputi pagar pengaman kaku atau rigid, pagar pengaman semi kaku, dan pagar pengaman fleksibel.

Namun perlu diingat, efektivitas pengaman ini juga kembali lagi pada perilaku mengemudi seseorang di jalan tol.

Guard rail tidak menjamin fatalitas kecelakaan bisa ditekan secara maksimal.

Guard rail efektif ditabrak dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Lebih dari itu, guard rail tersebut akan lepas karena tidak ada pondasinya.

Spesifikasi Teknis Guard Rail

Mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 82 Tahun 2018 Pasal 2, pagar pengaman kaku atau rigid harus terbuat dari material berupa beton cor, dengan kualitas mutu K-350.

K-350 digunakan untuk konstruksi yang memiliki penahanan beban tinggi.

Sementara pagar pengaman semi kaku digunakan untuk tikungan jalan, kendaraan yang hilang kendali, pengaman sisi jalan yang berimpitan langsung dengan jurang ketinggian lebih dari 3,5 meter, dan melindungi obyek berbahaya seperti jembatan.

Pagar pengaman fleksibel digunakan untuk sisi kiri dan kanan jalan lurus serta pemisah antara jalan dengan fasilitas lain, meliputi pejalan kaki, jalur khusus sepeda dan sejenisnya.

Pagar-pagar pembatas ini juga dilengkapi dengan tanda yang berbahan reflektif, dengan warna merah jika berada di sisi kiri arah lalu lintas, dan warna putih jika berada di sisi kanan arah lalu lintas.

Bahan reflektif ini membuat pembatas bisa terlihat oleh pengguna jalan walaupun pada malam hari, karena sifatnya memantulkan cahaya dari lampu depan mobil.

Penempatan guard rail juga tidak sembarangan namun mempertimbangkan beberapa kriteria.

Seperti jarak ruang bebas yang tersedia untuk mengakomodir defleksi pagar saat terjadi tabrakan, kekuatan bahan, hingga kondisi geografi.


Back to top