New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_854

Hati-hati Rem Blong, Ini Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak

Hati-hati Rem Blong, Ini Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak

Dalam sistem pengereman kendaraan, master rem menjadi salah satu komponen yang sangat penting.

Untuk rem jenis teromol, fungsi master rem sebagai komponen pendorong brake shoe floating dengan cara hidrolis agar sanggup mengungkit brake shoe.

Sementara pada rem cakram, tugas master rem yaitu menekan supaya minyak rem dapat masuk ke dalam brake kaliper.

Pergerakan master rem karena adanya tekanan minyak rem yang bergerak secara hidrolis dari booster rem.

Cara Kerja Master Rem

Cara kerja master rem mobil yaitu ketika pedal rem ditekan, batang piston tersebut akan memberikan tekanan dari bagian pegas pembalik lalu piston bergerak ke depan.

Ketika piston cup ada di ujung torak, port menutup.

Sementara jika piston bergerak maju lebih jauh lagi, maka tekanan minyak rem dalam silinder pun semakin bertambah untuk memberikan tegangan di pegas outlet agar katup terbuka.

Sama dengan komponen lain, master rem bisa rusak sehingga mengganggu kinerja pengereman.

Kerusakan master rem dapat membuat sistem pengereman tidak bekerja optimal, bahkan tidak pakem dan sampai pada titik tertentu jadi berbahaya lantaran rem blong.

Ciri-ciri Master Rem Rusak

Nah, supaya tidak sampai celaka, inilah ciri master rem mobil kamu bermasalah.

- Minyak rem pada tabung penyimpanan di master rem atas menyusut, atau bahkan berkurang drastis

- Cobalah injak pedal rem dengan tekanan tetap. Bila perlahan dan pasti menurun, maka dipastikan ada masalah pada master rem

- Kamu harus menekan rem secara berulang-ulang baru merasakan ada tekanan pada pedal rem

- Jarak pengereman lebih jauh dari biasanya alias mobil mulai tidak pakem. Meski gejala ini mirip dengan kampas rem yang mulai habis

- Piston rem pada master rem belakang tidak langsung balik saat pedal rem dilepas dan membuat rem masih menekan teromol rem sehingga seperti tertahan laju ban belakang

- Asap knalpot berwarna putih lantaran karet kit master rem bocor dan minyak rem masuk ke dalam booster, lanjut ke intake manifold, dan ikut terbakar dalam mesin.

Jangan pernah anggap sepele jika salah satu gejala di atas terasa dan segera bawa mobil ke bengkel resmi Toyota untuk pemeriksaan lebih lanjut dan seksama.


Back to top