
Tips
30 Sep 2020
Indikator Mobil Kamu Butuh Spooring dan Balancing
Indikator Mobil Kamu Butuh Spooring dan Balancing
By faris
Ibarat kaki manusia, kaki-kaki mobil punya peran sangat penting untuk mengarahkan dan mengendalikan laju mobil.
Tugas berat mengendalikan ban tersebut butuh konsekuensi yakni berubahnya sudut keselarasan roda karena dinamika di jalan, seperti terantuk lubang yang dalam.
Sekali dua kali, ditambah bertambahnya usia komponen dan gaya mengemudi kamu, komponen kaki-kaki akan semakin berubah setingannya.
Itulah sebabnya kesehatan roda perlu jadi perhatian kamu, terutama kaki-kaki yang memegang peranan penting dalam berkendara.
Salah satu bagian dari perawatan kaki-kaki mobil adalah spooring dan balancing.
Keduanya dilakukan berkala untuk memastikan kondisi kaki-kaki kendaraan dalam kondisi prima.
Kapan Perlu Spooring dan Balancing?
Ada beberapa indikasi yang bisa kamu jadikan patokan untuk melakukan spooring dan balancing.
1. Saat setir mulai melenceng merupakan indikator paling utama.
Misal, setir mau ke kiri atau kanan terus, itu yang paling umum dan mudah dipahami pengemudi awam.
2. Gejala selanjutnya adalah lingkar kemudi yang bergetar saat mobil dikemudikan di kecepatan tertentu.
3. Gejala ini dibarengi dengan suara pada bagian roda serta kemudi menjadi berat.
4. Tanda-tanda lainnya adalah permukaan ban yang cepat habis karena kemiringan posisi roda yang membuat permukaan ban habis tidak merata.
Ini sering tidak disadari pengguna karena mobil masih nyaman dikendarai sehingga perlu dicek secara berkala.
5. Selain itu untuk mengetahui kendaraan butuh spooring atau balancing adalah saat mobil terasa miring saat dikendarai.
Perasaannya sama dengan ban mobil yang kekurangan udara karena terjadi ketidakseimbangan posisi roda di kiri dan kanan.
Pemeriksaan spooring dan balancing kaki-kaki mobil tidak memiliki tenggat waktu khusus seperti pemeriksaan mesin.
Namun ada baiknya dilakukan secara teratur berdasarkan kondisi mobil.
Dengan catatan, kalau kamu rajin servis berkala di bengkel resmi Toyota, sudut keselarasan roda akan dicek bersamaan dengan rotasi ban yakni tiap 10.000 km atau enam bulan.