New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_537

Ini Sebab Ban Mobil yang Tidak Pernah Dipakai Harus Tetap Diganti

Ini Sebab Ban Mobil yang Tidak Pernah Dipakai Harus Tetap Diganti

Mobil yang jarang digunakan ternyata belum tentu bebas dari perawatan.

Meski kondisinya jarang bergerak, tetapi tetap ada komponen yang perlu pergantian, salah satunya ban.

Perlu diketahui, ban bukan sekadar berfungsi sebagai alas dari pelek saat mobil berjalan, tapi juga penahan beban dari kendaraan.

Jadi meski mobil jarang digunakan atau hanya diam terparkir saja, pada dasarnya ban tetap akan menahan beban kendaraan.

Jika terlalu lama berdiam, kondisi ini justru bisa membuat tekanan udara pada ban berkurang dan berdampak pada kerusakan material si karet bundar.

Patokan penggantian ban tidak ada kaitannya dengan mobil jarang digunakan atau tidak.

Bila berpatokan pada pedoman, baik mobil jarang atau aktif digunakan itu harusnya tetap melakukan pergantian tiap 4 tahun sekali untuk ban yang sudah terpasang di roda.

Biasanya kerusakan ban mobil yang jarang digunakan terjadi akibat terlalu lama menjadi tumpuan pada satu sisi saja.

Artinya, akibat tidak adanya perputaran atau rotasi, bisa berpotensi ban mengalami perubahan bentuk dalam jangka waktu tertentu.

Terlebih bila usia ban sudah beranjak lebih dari tiga atau empat tahun.

Karena pada masa-masa ini telah terjadi perubahan struktur pada materialnya yang dapat membuat ban tidak dapat menjalankan fungsi secara optimal ketika digunakan.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh cuek soal waktu pergantian ban.

Bahkan potensi kerusakan bukan hanya pada ban saja, tapi juga bisa menyerang sektor komponen kaki-kaki lainnya.

Contoh seperti bearing roda dan perangkat pelengkap lain.


Back to top