New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_536

Ini Sebab Oli TMO Sulit Untuk Dipalsukan, Kuncinya Ada di Tutup Botol

Ini Sebab Oli TMO Sulit Untuk Dipalsukan, Kuncinya Ada di Tutup Botol

Toyota mensyaratkan penggunaan Toyota Motor Oil (TMO) setiap kamu ganti oli mesin dan transmisi ketika servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Hal ini untuk menjaga agar kualitas pelumas selalu terjaga sehingga dapat bekerja dengan baik serta menghindari dari upaya pemalsuan oli.

Namun bagaimana bila kamu mau beli dan isi oli TMO sendiri di rumah?

Sebagai upaya mencegah pemalsuan, Toyota melakukan beberapa inovasi pada kemasan botol TMO, baik yang 1 liter maupun 4 liter, termasuk oli mesin dan transmisi.

Desain baru tutup kemasan yang digunakan sulit diduplikasi, sehingga mempersulit pihak nakal mengedarkan produk palsu di pasaran.

Risikonya, bukan perkara mudah untuk membuka tutup botol oli TMO karena harus melewati beberapa tahapan.

Imbasnya, lumayan repot buat yang ingin ganti oli sendiri.

Pertama kamu harus menarik kait pada tutup botol. Kalau susah, bisa menggunakan obeng min untuk mencungkil.

Proses ini juga membuat segel pada tutup botol menjadi rusak sebagai tanda bahwa botol sudah pernah dipakai.

Ini yang membuatnya sulit dipalsukan.

Di bawahnya, masih ada lapisan plastik transparan sebagai penutup hologram.

Kamu harus membukanya lagi.

Setelah terbuka akan terlihat lapisan hologram yang harus dirobek sebelum bisa menuang oli ke dalam mesin.

Desain tutup botol sengaja dibuat sekali pakai, sehingga bakal rusak setelah dibuka.

Toh, isi oli juga pasti habis sekali tuang kan?

Hal ini untuk memastikan kemasan tidak bisa digunakan lagi biar tidak bisa diisi ulang dengan produk lain lalu dijual kembali.

Namun bila masih ada sisa oli, kamu bisa menutupnya kembali dengan posisi terbalik.

Ini sebagai penanda bahwa botol oli tersebut pernah dibuka.

Toyota tidak mau fokus pada hologram karena faktanya sangat mudah ditiru.

Pun konsumen juga tidak paham apakah hologram di botol oli TMO asli atau palsu.

Selain itu, setiap produk oli punya warna tutup botol yang berbeda.

Saat ini ada 7 produk oli TMO di pasaran.

Seperti tutup botol warna biru untuk oli sintetik mobil bensin.

Warna kemasan menandakan jenis mesinnya, yaitu bensin atau diesel, tipe oli, serta nilai viskositasnya.

Jadi jika kamu biasa menggunakan oli TMO dengan tutup botol warna biru namun ternyata oli dengan spek sama pakai tutup botol warna hijau, bisa dipastikan itu adalah oli palsu.


Back to top