All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3086

Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya

Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya

Ada 2 teknik mengurangi kecepatan mobil manual yang kerap dipakai di jalan.

Yaitu injak pedal kopling dulu baru pedal rem, atau injak pedal rem dulu baru pedal kopling.

Cara pertama membuat mobil meluncur tanpa mendapatkan efek engine brake atau pengereman akibat tenaga mesin.

Baru setelahnya ditambah tekanan rem, laju pada mobil berangsur-angsur berkurang sampai berhenti.

Sementara teknik kedua diterapkan agar kecepatan mobil lebih cepat berkurang.

Untuk mencegah mesin mati saat mobil mendekati berhenti, baru pedal kopling diinjak.

Dari kedua teknik tersebut, teknik injak pedal rem baru kopling lebih tepat dan sangat disarankan.

Dengan terlebih dahulu menginjak rem, kamu bisa memprediksi besarnya tekanan pedal rem untuk mengatur laju mobil.

Selain itu, masih adanya efek engine brake juga membantu kamu mengendalikan mobil karena tidak nyelonong.

Ditambah, kinerja rem mobil juga tidak terlalu berat karena dibantu oleh daya rem akibat putaran mesin yang tinggi.

Teknik deselerasi dengan cara menginjak kopling terlebih dulu bisa diterapkan dalam kondisi tertentu.

Misalnya untuk mengurangi kecepatan di kondisi macet stop and go dengan kecepatan sekitar 5-10 km/jam.

Kamu tidak perlu khawatir mobil nyelonong karena kecepatannya sudah rendah.

Mesin juga tidak mati akibat terlambat menginjak pedal kopling dan sebagai antisipasi jika harus langsung menginjak pedal gas kembali.


Back to top