New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3086

Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya

Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya

Ada 2 teknik mengurangi kecepatan mobil manual yang kerap dipakai di jalan.

Yaitu injak pedal kopling dulu baru pedal rem, atau injak pedal rem dulu baru pedal kopling.

Cara pertama membuat mobil meluncur tanpa mendapatkan efek engine brake atau pengereman akibat tenaga mesin.

Baru setelahnya ditambah tekanan rem, laju pada mobil berangsur-angsur berkurang sampai berhenti.

Sementara teknik kedua diterapkan agar kecepatan mobil lebih cepat berkurang.

Untuk mencegah mesin mati saat mobil mendekati berhenti, baru pedal kopling diinjak.

Dari kedua teknik tersebut, teknik injak pedal rem baru kopling lebih tepat dan sangat disarankan.

Dengan terlebih dahulu menginjak rem, kamu bisa memprediksi besarnya tekanan pedal rem untuk mengatur laju mobil.

Selain itu, masih adanya efek engine brake juga membantu kamu mengendalikan mobil karena tidak nyelonong.

Ditambah, kinerja rem mobil juga tidak terlalu berat karena dibantu oleh daya rem akibat putaran mesin yang tinggi.

Teknik deselerasi dengan cara menginjak kopling terlebih dulu bisa diterapkan dalam kondisi tertentu.

Misalnya untuk mengurangi kecepatan di kondisi macet stop and go dengan kecepatan sekitar 5-10 km/jam.

Kamu tidak perlu khawatir mobil nyelonong karena kecepatannya sudah rendah.

Mesin juga tidak mati akibat terlambat menginjak pedal kopling dan sebagai antisipasi jika harus langsung menginjak pedal gas kembali.


Back to top