
Automotive
02 Aug 2022
Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya
Injak Pedal Kopling atau Pedal Rem Dulu Saat Mengurangi Kecepatan Mobil? Ini Penjelasannya
By salsa
Ada 2 teknik mengurangi kecepatan mobil manual yang kerap dipakai di jalan.
Yaitu injak pedal kopling dulu baru pedal rem, atau injak pedal rem dulu baru pedal kopling.
Cara pertama membuat mobil meluncur tanpa mendapatkan efek engine brake atau pengereman akibat tenaga mesin.
Baru setelahnya ditambah tekanan rem, laju pada mobil berangsur-angsur berkurang sampai berhenti.
Sementara teknik kedua diterapkan agar kecepatan mobil lebih cepat berkurang.
Untuk mencegah mesin mati saat mobil mendekati berhenti, baru pedal kopling diinjak.
Dari kedua teknik tersebut, teknik injak pedal rem baru kopling lebih tepat dan sangat disarankan.
Dengan terlebih dahulu menginjak rem, kamu bisa memprediksi besarnya tekanan pedal rem untuk mengatur laju mobil.
Selain itu, masih adanya efek engine brake juga membantu kamu mengendalikan mobil karena tidak nyelonong.
Ditambah, kinerja rem mobil juga tidak terlalu berat karena dibantu oleh daya rem akibat putaran mesin yang tinggi.
Teknik deselerasi dengan cara menginjak kopling terlebih dulu bisa diterapkan dalam kondisi tertentu.
Misalnya untuk mengurangi kecepatan di kondisi macet stop and go dengan kecepatan sekitar 5-10 km/jam.
Kamu tidak perlu khawatir mobil nyelonong karena kecepatannya sudah rendah.
Mesin juga tidak mati akibat terlambat menginjak pedal kopling dan sebagai antisipasi jika harus langsung menginjak pedal gas kembali.