New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1240

Jenis dan Cara Kerja Airbag Untuk Melindungi Penumpang Dari Benturan Saat Kecelakaan

Jenis dan Cara Kerja Airbag Untuk Melindungi Penumpang Dari Benturan Saat Kecelakaan

Setelah sebelumnya ada konten mengenai crumple zone, sekarang beralih ke airbag.

Fitur airbag saat ini sudah menjadi menu wajib para produsen otomotif pada setiap produknya, termasuk Toyota.

Apa Itu Airbag?

Pada mobil-mobil modern saat ini di tengah setir atau dasbor penumpang depan sering dijumpai tulisan SRS airbag.

Kata SRS merupakan singkatan dari Supplementary Restraint System yang artinya fitur ini bersifat pendukung dan bukan fitur utama untuk menyelamatkan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Airbag sangat cepat saat mengembang untuk menyelamatkan nyawa penumpang dengan menghalangi dari benturan ke bagian mobil seperti setir atau dasbor yang punya potensi menyebabkan cidera tubuh.

Cara Kerja Airbag

Ketika sebuah igniter membakar senyawa Natrium Azida (NaN3) yang kemudian bereaksi dengan Kalium Nitrat (KNO3), hingga menjadi nitrogen panas yang mengembangkan kantung udara.

Tetapi proses itu baru akan terjadi jika ECU dari airbag mengirimkan perintah.

ECU dari airbag baru akan memberikan input jika sensor airbag yang diletakkan di beberapa titik, menerima gaya dalam jumlah besaran tertentu yang cukup besar sehingga mobil dianggap menerima tabrakan besar.

Banyak faktor yang menentukan agar sensor membaca gaya yang cukup dan membuat airbag mengembang, misalnya benturan frontal dengan kecepatan minimal 20-30 km/jam.

Selain itu, jarak pembacaan sensor yaitu sekitar 15 derajat dari garis lurus ke depan.

Airbag Samping

Untuk mobil yang memiliki side airbag, maka terdapat sensor pada pilar B yang akan mengembang ketika terjadi tabrakan dari samping.

Bila dual airbag di depan posisi kantung udara mengembang dari setir dan dasbor, pada side airbag kantung udara yang mengembang bisa dari door trim atau pilar rangka mobil.

Kecepatan mengembang side airbag sejauh ini paling cepat dibandingkan dengan airbag lainnya.

Ini karena jarak antara penumpang dan sisi samping dalam mobil yang lebih kecil sehingga kecepatan mengembang harus lebih cepat.

Biasanya, side airbag dipadukan dengan curtain airbag yang berguna untuk melindungi kepala penumpang dari benturan saat tabrakan samping.

Posisi kantung udara berada di atas jendela samping sehingga ketika mobil berguling, kepala penumpang atau pun pengemudi tidak cidera parah.

Tidak hanya untuk mobil dua baris, curtain airbag juga melindungi penumpang baris ketiga.

Knee Airbag

Selain dual airbag, side airbag dan curtain airbag, ada juga knee airbag yang terpasang di bawah dasbor tepat di depan lutut. Kantung udara pada knee airbag tersebut mengisi ruang antara dasbor dan kaki.

Bukan hanya melindungi lutut, airbag ini juga berfungsi untuk megurangi tekanan pergerakan tulang pinggul agar tidak cidera parah ketika mengalami tabrak depan dengan kecepatan tinggi.

Untuk sensornya, umumnya menjadi satu dengan dual airbag yaitu berada pada setir dan dasbor atas.

Perlu dipehatikan ketika airbag sudah mengembang tidak bisa dipakai ulang melainkan harus diganti baru.

Ada baiknya perbaikan total kendaraan yang mengalami kecelakaan termasuk pergantian airbag yang baru dilakukan di bengkel Toyota.

Wajib Pakai Seatbelt

Sama dengan crumple zone, airbag baru akan efektif bekerja bila kamu menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman.

Jika tidak pakai seatbelt, maka saat benturan tubuh kamu akan menekan airbag yang sedang berkembang, dan ini malah menimbulkan potensi masalah baru yaitu benturan keras dan kesulitan bernapas.

Selain itu, bila tidak pakai seatbelt tubuh kamu akan terlempar dan membentur bagian kabin, bahkan ada risiko terlempar keluar.

Beda saat kamu pakai seatbelt, tubuh akan ditarik kembali ke belakang setelah bergerak maju ke depan akibat efek benturan dan tetap diam di bangku mobil.


Back to top