All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1577

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa

Sebenarnya sudah sangat jarang ditemukan ban standar mobil menggunakan ban biasa atau tubetype.

Ban tubeless atau ban tanpa ban dalam sudah menjadi komponen standar mobil-mobil zaman now.

Tapi beberapa pemilik mobil memasang ban dalam ke dalam ban tubeless jika bannya rusak, dan kamu tidak disarankan untuk melakukannya.

Sebenarnya apakah kamu paham perbedaan ban tubeless atau ban tanpa lapisan dalam dengan ban biasa atau ban tubetype?

Ini rangkuman penjelasannya.

1. Material Ban

Secara umum, ban terbuat dari bahan karet fiber karena mudah dibentuk dan dapat menyerap getaran sekecil apapun.

Selain itu, grip karet juga cukup baik untuk mencengkeram permukaan jalan.

Ban biasa dan ban tubeless juga terbuat dari bahan karet sintetis.

Tetapi ada lapisan fluid sealant pada bagian dalam ban tubeless.

Lapisan ini berfungsi untuk merapatkan permukaan ban.

Sementara ban biasa menggunakan lapisan ban yang disebut inner tube atau ban dalam.

2. Karakter Ban

Ban tubeless memiliki karakter yang lebih agresif.

Dari luar, ban ini terlihat sama dengan ban biasa tapi dari struktur akan lebih kuat dan kokoh.

Ban ini sering digunakan pada mobil penumpang yang butuh performa di medan yang beragam ketimbang daya angkut.

Sementara ban biasa arau tubetype dikenal dengan kemampuannya meredam getaran di jalan yang cukup baik.

3. Daya Tahan Ban

Ketahanan ban biasa ditentukan oleh pemakaian.

Tapi, dari riset yang telah dilakukan, ban tubeless terbukti lebih awet dibandingkan ban biasa.

Alasannya karena lapisan ban tubeless lebih kaya serta sealant cairnya bisa menahan udara agar tidak bocor.

Saat terjadi tusukan benda tajam, ban tubeless akan bertahan saat paku tertancap karena sealant akan merapatkan area di sekitar paku.

Ban tubeless yang tertancap paku sanggup berjalan hingga sekitar 10 km sebelum kehabisan udara.

Hal ini menjadi alasan utama para pemilik kendaraan berpindah ke ban tubeless, yakni kemudahan saat terjadi ban bocor.

4. Harga Ban

Harga ban tubeless tentu lebih mahal daripada ban standar, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Pada ban tubeless, akan sangat jarang kamu melakukan penggantian ban.

Penggantian ban dilakukan saat telapak ban sudah tipis sehingga berimbas pada biaya yang lebih sedikit.

Sehingga walau memiliki harga lebih mahal, sebetulnya secara keseluruhan lebih murah.

Kekurangan Ban Tubetype (Biasa)

Mudah meledak saat tertancap paku

Sering melakukan penggantian ban dalam

Kurang stabil untuk kecepatan tinggi

Kekurangan Ban Tubeless

Apabila terjadi kebocoran, sedikit bengkel yang bisa menangani

Harga ban mahal

Bantingan keras


Back to top