All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1794

Keuntungan Penggunaan Turbo pada Mesin Kecil

Keuntungan Penggunaan Turbo pada Mesin Kecil

Pabrikan otomotif menyematkan perangkat turbocharger (turbo) pada mesin mobil keluaran terbaru.

Teknologi tersebut diklaim mampu mendongkrak tenaga mesin mobil sehingga dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

Penggunaan turbo sebelumnya identik dengan mesin berkapasitas besar.

Kini turbo juga diaplikasikan pada mobil dengan mesin berkubikasi kecil.

Lantas, apa saja keuntungan teknologi turbo pada mobil dengan mesin kecil?

1. Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Mobil dengan mesin berkubikasi kecil yang dibekali peranti turbo dapat menyemburkan tenaga lebih besar jika dibandingkan mesin nonturbo dengan cylinder capacity (cc) yang sama, bahkan yang lebih besar.

Sebagai contoh, mesin berkubikasi 1.000 cc dengan turbo mampu menghasilkan tenaga hingga 98 dk pada dan torsi 140 Nm.

Tanpa komponen turbo, mesin berkubikasi 1.000 cc biasanya hanya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 65 dk dan torsi 88 Nm.

Berkat turbo, mesin tersebut bahkan lebih unggul 10 dk dibandingkan mesin berkapasitas 1.200 cc yang hanya bertenaga 88 dk dan torsi 107 Nm.

2. Irit Bensin

Pada dasarnya, perangkat turbo bekerja dengan mendaur ulang gas buang yang dihasilkan mesin.

Gas buang tersebut digunakan untuk meningkatkan rasio kompresi pada dapur pacu sehingga dapat mengefisienkan pembakaran.

Alhasil, bahan bakar yang digunakan pun bisa dihemat.

Pada mesin diesel, turbocharger dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar hingga 40 persen.

Sementara, pada mesin berbahan bakar bensin mencapai 20 persen.

Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap mesin turbocharger berkapasitas 1.500 cc di area dalam kota menunjukkan, dapat menempuh jarak 12,3 km dengan menggunakan seliter bahan bakar.

Sementara, mobil dengan mesin 1.500 cc nonturbo hanya menempuh jarak sekitar 10 km untuk takaran bahan bakar sama.

Meski demikian, tingkat efisiensi bahan bakar yang dihasilkan setiap mobil juga tergantung pada cara mengemudi dan kondisi jalan yang dilewati.

3. Suara Mesin Lebih Halus

Turbocharger pada mobil berkubikasi kecil ternyata berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan.

Saat melaju di jalanan, suara kendaraan jadi lebih halus dikarenakan turbocharger bertindak sebagai peredam tambahan sehingga mampu menurunkan kebisingan suara dari mesin.

Dengan begitu, polusi suara yang berasal dari kendaraan bisa diminimalisasi.

4. Mesin Kompak dan Ringan

Pada umumnya, untuk menghasilkan tenaga yang besar, mesin kendaraan memiliki ukuran yang besar, baik dari segi kubikasi maupun jumlah silinder.

Namun, ukuran mesin jumbo memerlukan ruang penyimpanan yang besar pula.

Selain itu, bobot mesin berukuran besar juga turut menambah berat mobil.

Keberadaan turbo bisa mengatasi masalah ruang penyimpanan mesin maupun berat mobil.

Dengan tambahan turbo, jumlah silinder maupun kubikasi mesin tak perlu besar untuk menghasilkan jumlah tenaga yang besar, juga tidak membutuhkan ruang luas.

Alhasil, berat mobil jadi lebih ringan dari mobil nonturbo dengan besaran tenaga yang sama.

5. Ramah Lingkungan

Angka emisi gas buang yang dihasilkan mesin turbo lebih kecil, yaitu mencapai 80 gram/km.

Angka tersebut lebih kecil dari ketentuan regulasi gas buang sebesar 125 gram/km, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Karena itu, mobil dengan peranti turbocharger diklaim lebih ramah lingkungan.

Dengan begitu, pengguna kendaraan bermesin turbocharger bisa ikut membantu mengurangi emisi berbahaya.


Back to top