
Tips
24 Jun 2021
Mari Merawat Ban Serep Mobil Buat Kamu yang Tidak Mudik Lebaran
Mari Merawat Ban Serep Mobil Buat Kamu yang Tidak Mudik Lebaran
By adminConnect
Ban serep atau ban cadangan seringkali dilupakan oleh pemilik mobil lantaran posisinya yang tersembunyi dan jarang dibutuhkan.
Pada saat akhirnya butuh, ternyata ban kempis atau bahkan hilang dari tempatnya.
Kalau sampai ini terjadi jelas sangat merepotkan dan menyebalkan.
Nah, selagi kamu tidak mudik Lebaran, tidak ada salahnya mulai peduli pada ban serep mobil.
Peran Ban Serep
Ban cadangan memiliki peran penting sebagai pengganti ban utama ketika kamu mengalami situasi darurat.
Seperti kebocoran atau pecah ban yang situasinya tidak mungkin untuk langsung diperbaiki.
Mengingat peran penting ban cadangan, maka kamu juga wajib untuk melakukan perawatan berkala ban serep.
Ban cadangan wajib diperlakukan layaknya ban utama.
Jangan anggap hanya sebagai pelengkap atau hiasan saja, tapi juga perlu dikontrol kondisinya kapan saja.
Banyak pemilik mobil yang sejak pertama membeli kendaraan sama sekali tidak memeriksa ban cadangan.
Akibatnya saat dibutuhkan dalam situasi darurat, ban tersebut tidak bisa digunakan, bahkan sampai ban kempis total atau tidak ada di tempatnya.
Perawatan Ban Serep
Merawat ban cadangan atau ban serep tidak sulit karena secara teknis prosesnya sama dengan ban utama.
Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan sendiri secara berkala dengan melihat langsung.
1. Paling utama, memperhatikan kondisi karetnya, apakah masih bagus atau sudah ada kerusakan seperti permukaan yang getas.
Banyak kejadian akibat ban terlalu lama disimpan membuat kondisi karet menjadi turun, apalagi ban yang tersimpan di bawah bagasi.
Jangan segan untuk mengganti ban serep yang rusak di bengkel resmi Toyota demi keamanan berkendara.
2. Berikutnya adalah memeriksa tekanan udara ban serep.
Tekanan udara memiliki peran penting untuk memastikan ban serep tetap dalam kondisi prima sehingga bisa langsung dipakai saat dibutuhkan.
Minimal sebulan sekali kamu cek tekanan udara ban serep dengan tekanan paling tidak 10 PSI di atas tekanan ban normalnya.
Sama dengan ban yang kamu gunakan, tekanan udara juga harus terjaga karena bila sampai kurang tentu tidak bisa digunakan.
3. Untuk lebih memaksimalkan peran ban cadangan dan menjaga fungsinya, sebaiknya kamu melakukan rotasi dengan ban lain.
Tapi ini hanya berlaku untuk ban serep yang ukurannya sama dengan ban utama.
Dengan adanya rotasi maka akan membuat seluruh ban mobil bergerak sehingga meminimalkan risiko kerusakan karena getas.
4. Sering terlupakan, cobalah untuk melakukan simulasi penggantian ban cadangan saat libur Lebaran.
Beberapa ban serep seperti milik Avanza yang ada di kolong mobil atau milik Rush lama yang dipasang di pintu bagasi butuh perlakuan khusus untuk mengeluarkannya.
Selain itu, kadang kamu kurang paham cara mengganti ban, seperti mencari titik meletakkan dongkrak termasuk mengoperasikannya.
Dan yang pasti, memastikan seluruh perangkat darurat untuk mengganti ban mobil masih komplit dan dapat dipakai ketika dibutuhkan.
Gunakan buku manual kendaraan untuk mempelajari cara mengganti ban yang tepat dan aman.
5. Selagi dikeluarkan dari rumahnya, kamu bisa mencuci ban serep hingga bersih.
Bersihkan pula rumah ban serep yang berada di kolong mobil, termasuk rantai yang dipakai sebagai pengikat.
Untuk ban cadangan yang diletakkan di balik dek bagasi bisa membersihkannya dengan kain lap basah dan dikeringkan.