All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3802

Pengemudi Wanita Dapat Mempelajari Tips Ini Supaya Aman dan Nyaman di Jalan

Pengemudi Wanita Dapat Mempelajari Tips Ini Supaya Aman dan Nyaman di Jalan

Saat ini sudah tidak aneh ketika kamu melihat wanita mengemudi di jalan. Hal tersebut terjadi karena tingkat mobilitas yang tinggi dan banyak perempuan memilih mengemudikan kendaraan sendiri. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat dipelajari supaya perempuan lebih aman dan nyaman saat berada di balik kemudi mobil, seperti dikutip dari Otodriver.com.

1. Adaptasi dengan Mobil

Jangan pernah mengemudi mobil tanpa mempelajari aspek teknisnya. Meskipun tebal, sempatkan membaca buku manual kendaraan karena banyak informasi penting. Di antaranya adalah cara mengoperasikan fitur mobil atau menghadapi kondisi darurat seperti ban bocor. Duduklah di bangku sopir dan pelajari area kokpit sehingga dapat memahami operasional berbagai fitur mobil.

2. Periksa Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Kalau sampai SIM atau STNK mati, akan mengakibatkan timbul masalah di jalan seperti kena tilang polisi. Selain itu, surat-surat yang sudah tidak berlaku seperti SIM akan menyulitkan saat terlibat masalah dengan pihak ketiga seperti mengurus asuransi kecelakaan, bahkan ada risiko klaim asuransi ditolak. Kamu dapat memperpanjang SIM lebih awal sehingga terhindar dari membuat SIM baru.

3. Safety Driving Ketika Mengemudi Mobil

Selalu terapkan prinsip mengemudi aman dan tidak melakukan manuver sembrono yang dapat merugikan sesama pengguna jalan. Patuhi aturan dan etika berkendara seperti menyalakan lampu sein saat belok atau tidak berhenti sembarangan. Jangan alihkan fokus, seperti menggunakan ponsel atau merias wajah, apalagi sampai melakukan selfie sambil berkendara.

4. Tingkatkan Kemahiran Mengemudi

Tingkatkan skill mengemudi, seperti olah kemudi saat parkir atau darurat di kecepatan tinggi, termasuk skill mengenai perilaku, etika, dan kebiasaan yang aman saat di balik kemudi. Ingat, sebagai pengguna jalan, posisi kaum hawa sejajar dengan pria yang berarti memiliki tanggungjawab yang sama dan wajib memiliki kemampuan mengemudi yang memadai.

5. Gunakan Alas Kaki yang tepat

Hindari high heels saat mengemudi, mengingat desainnya membuat pergerakan kaki jadi sulit dan tidak mendapatkan posisi yang alami hingga mengurangi feeling saat menginjak pedal. Belum lagi risiko kaki tergelincir karena heel yang terlalu tinggi dan runcing, selain bisa cidera juga membahayakan saat butuh respons cepat.

Hati-hati pula bila menggunakan sandal karena terkadang tidak fleksibel atau membuat selip. Gunakan sepatu kets atau sepatu khusus mengemudi sebagai langkah terbaik. Kamu bisa menyimpan sepatu mengemudi di mobil sebagai pengganti jika dalam beraktivitas menggunakan high heels.

6. Perhatikan Kondisi Mobil

Pengemudi perempuan wajib menjaga kondisi mobil dan tidak mengandalkan orang lain untuk melakukannya. Seperti mengecek tekanan angin ban dan cairan kendaraan di pagi hari. Saat kena masalah, pengemudi juga sebaiknya bisa merespons dengan mandiri sehingga tidak kerepotan. Untuk mencegah masalah teknis pada mobil, lakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

7. Bikin Kabin Nyaman

Menjaga kebersihan mobil jadi menu utama karena tidak nyaman berkendara di ruang AC tapi ada bau tidak sedap di dalam mobil. Sempatkan untuk membersihkan kabin mobil setidaknya seminggu sekali. Pastikan pula AC selalu dingin supaya kamu merasa tenang ketika berkendara. Siapkan playlist lagu kegemaran untuk menemani perjalanan.

8. Gunakan Sabuk Pengaman

Pastikan kamu sebagai pengemudi telah memakai sabuk pengaman atau safety belt sebelum mobil berjalan. Penumpang di bangku tengah juga sebaiknya memakai sabuk pengaman sebagai tindakan preventif. Penumpang yang menggunakan safety belt punya peluang untuk selamat lebih besar ketimbang yang tidak pakai saat mobil kecelakaan karena tubuhnya tidak terlempar dari bangku.

9. Simpan dan Jaga Barang Bawaan

Pastikan seluruh pintu mobil terkunci dengan mengaktifkan central door lock. Seluruh kaca mobil juga sebaiknya tertutup rapat untuk mengurangi potensi bahaya dari pihak ketiga yang bermaksud jahat. Jangan meletakkan barang berharga seperti ponsel dan dompet di tempat terbuka yang terlihat jelas dari luar.

10. Jaga Emosi

Jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan seperti memotong jalur kamu. Apalagi membalas perlakuan mereka dengan melakukan manuver agresif yang justru akan membahayakan pengguna jalan lainnya. Dengan menjaga emosi, energi kamu juga tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting.

Termasuk tidak mudah panik ketika mengalami masalah seperti mobil mogok. Berusahalah untuk tetap tenang dan fokus mencari solusi seperti menepikan mobil dan memanggil layanan darurat. Dan yang pasti, perjalanan kamu dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.


Back to top