
Automotive
03 Aug 2022
Perbedaan Dasar Turbocharger dan Supercarger Untuk Menambah Tenaga Mesin Mobil
Perbedaan Dasar Turbocharger dan Supercarger Untuk Menambah Tenaga Mesin Mobil
By salsa
Teknologi mesin mobil selalu mengalami pembaruan dengan target meningkatkan efisiensi tenaga dan mengurangi emisi gas buang.
Mesin dengan tingkat efisiensi tinggi akan membuatnya kian bertenaga dan lebih hemat bensin.
Di antaranya adalah pemasangan turbocharger dan supercharger.
Pada dasarnya, turbocharger atau akrab disebut turbo dan supercharger bertujuan untuk meningkatkan tekanan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.
Udara yang dimampatkan tersebut memliki daya ledak tinggi saat dibakar bersama bahan bakar sehingga menambah tenaga yang dihasilkan.
Perbedaan mendasar keduanya adalah, supercharger memutar turbin berdasarkan putaran mesin yang dihubungkan dengan belt, sedangkan turbocharger menggunakan dorongan gas buang.
Pada mesin turbo sering terjadi turbo-lag atau jeda saat mesin berakselerasi.
Hal itu akibat kecepatan turbin dalam menyuplai udara ke ruang bakar ditentukan oleh besarnya gaya dorong dari gas buang.
Sedangkan gas buang sendiri belum cukup kencang ketika mesin masih dalam putaran rendah sehingga menimbulkan lag atau jeda.
Beda dengan supercharger, lonjakan tenaga tersaji instan sejak awal injakan pedal gas karena udara langsung dimampatkan oleh perangkat tersebut.
Masalahnya, supercharger kurang efisien karena memanfaatkan putaran mesin untuk menggerakkan turbin sehingga membebani mesin.
Selain itu, turbocharger memiliki konstruksi yang sederhana terdiri atas rumah turbo, turbin, poros dan wastegate.
Sedangkan konstruksi supercharger lebih rumit karena ada penambahan pulley, drive belt, gear, poros dan turbin.
Dari tonase keduanya, supercharger memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan turbocharger.
Ditilik dari plus dan minusnya, pabrikan otomotif lebih memilih turbocharger ketimbang supercharger, terutama terkait konstruksi dan efisiensi yang didapatkan.
Solusi untuk turbo lag diatasi dengan teknologi turbo variabel atau Variable Nozzle Turbo (VNT) pada produk Toyota sperti Innova dan Fortuner diesel.