
Tips
02 May 2023
Persiapan Mudik Lebaran, Cek Kesehatan Ruang Bakar Mesin Dari Warna Kepala Busi
Persiapan Mudik Lebaran, Cek Kesehatan Ruang Bakar Mesin Dari Warna Kepala Busi
By adminConnect
Salah satu komponen penting mesin mobil bensin adalah busi. Kondisi busi mempengaruhi kinerja mesin yang kamu kendarai. Kalau busi tidak sehat, performa mesin bakal turun, boros bensin, dan emisi gas buang tinggi sehingga mengganggu perjalanan mudk bersama keluarga.
Busi menjadi salah satu komponen penting yang wajib dicek karena tugasnya memberikan kualitas pembakaran terbaik di ruang bakar. Dengan melihat warna kepala busi, kamu bisa memeriksa kondisinya. Untuk pemeriksaan lebih jelas, kamu dapat membawa mobil ke bengkel resmi Toyota agar didapatkan solusi yang optimal.
Warna Kepala Busi Mobil
Dari warna kepala busi akan diketahui kondisi kesehatan mesin mobil. Sekaligus kamu juga dapat mengidentifikasi adanya masalah di ruang bakar mesin. Apakah pembakarannya baik, kotor, sampai mengetahui gejala busi yang sudah waktunya diganti karena kinerjanya sudah tidak optimal.
Kegiatan ini merupakan rutinitas penting sebagai upaya untuk menghindari mesin rusak karena busi yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Pastikan saat melakukan pengecekan busi, mesin dalam kondisi dingin atau ketika pagi hari sebelum mobil dipanaskan.
Indikator Warna Kepala Busi
Pada mesin mobil modern, jumlah campuran bahan bakar dan udara sudah diatur secara spesifik lewat ECU sehingga perbandingannya lebih ideal. Namun, jika sehari-hari kamu akrab dengan jalan yang padat merayap, warna busi ideal akan sulit didapatkan.
Busi normal idealnya ditandai oleh warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong besinya. Jika ujung elektroda berwarna abu-abu muda (terang), maka campuran BBM dan udara terlalu miskin atau kurang bensin. Jika berwarna gelap dan hitam pekat, menandakan campuran bahan bakar terlalu boros bensin.
Bila warna busi terlalu kemerahan mengindikasikan ada kesalahan pemakaian bahan bakar. Umumnya karena oktan bensin yang digunakan pemilik mobil tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan. kalau ujung insulator tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang hijau agak basah, mungkin saja bensin atau oli tercemar bahan lain seperti air.
Namun jika kamu melihat ujung busi mobil berwarna hitam basah, mengindikasikan kebocoran oli mesin yang ikut terbakar akibat masuk ke dalam ruang mesin. Bisa disebabkan oleh komponen mesin yang telah aus seperti ring piston, bos klep, atau dinding silinder yang tergores.
Segera bawa mobil ke bengkel resmi Toyota karena akan membahayakan jika terlambat ditangani. Saat servis berkala, bengkel resmi Toyota juga akan mendiagnosa kalau ada potensi kerusakan dan saran perbaikannya. Penanganan yang cepat dan tepat akan sangat membantu kelancaran perjalanan mudik kamu.