New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1070

Pilih Mana, Torsi Atau Tenaga Mesin Besar?

Pilih Mana, Torsi Atau Tenaga Mesin Besar?

Tenaga adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi).

Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai bergerak.

Pilih Torsi atau Tenaga?

Mesin dengan karakter torsi besar banyak ditemui di mesin diesel yang hanya mengandalkan tekanan kompresi untuk meledakkan bahan bakar dengan langkah kompresi cukup panjang.

Bicara off-road, jelas mesin diesel lebih mumpuni karena kamu butuh torsi besar agar mudah lepas dari jebakan lumpur.

Saat di jalan rusak pun, akan jarang sekali mesin mencapai putaran tinggi dan lebih aktif bermain di rasio gigi rendah.

Di lain pihak, karena mengandalkan sistem peledakan bahan bakar dengan bantuan percikan api busi, mesin bensin tidak mudah kehabisan momentum di putaran tinggi sehingga tetap efektif dalam mengail tenaga.

Makanya, mesin dengan tenaga besar lebih cocok untuk mobil perkotaan dengan kondisi jalan relatif halus dan panjang.

Pun dengan beban muatan yang tidak terlalu berat.

Teknologi Mesin Modern Toyota

Meski begitu, teknologi mesin masa kini juga semakin canggih.

Seperti aplikasi teknologi Dual VVT-i pada mesin bensin Toyota, seperti pada Toyota Kijang Innova bensin, membuatnya sanggup menghasilkan torsi memuaskan untuk sebuah mesin bensin.

Alhasil, mesin bensin Toyota tetap punya kemampuan stop and go yang memadai ketika kena macet.

Akselerasi terjaga prima dan konsumsi bensin tetap optimal dan tidak boros.

Sementara pada mesin diesel Toyota, suntikan turbo variabel, intercooler, dan transmisi dengan rasio 6 gigi, seperti pada Toyota Kijang Innova diesel, meningkatkan limit putaran mesin sehingga tenaga puncaknya ikut terangkat.

Akibatnya, kamU bisa merasakan sensasi dorongan sangat kuat sebagai cirikhas mesin dengan torsi besar, tapi tenaga tetap bisa diandalkan di kecepatan tinggi.

Ia pun tetap irit sebagai trademark mesin diesel.


Back to top