New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1485

Sebab dan Cara Cegah Mesin Mobil Kena Overheat, Kuncinya Sistem Pendingin Mesin

Sebab dan Cara Cegah Mesin Mobil Kena Overheat, Kuncinya Sistem Pendingin Mesin

Overheat adalah panas berlebih yang terjadi pada suhu mesin mobil yang disebabkan oleh sistem pendinginan mesin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Overheat sendiri sebenarnya dapat dicegah jika kamu lebih peka terhadap komponen-komponen dari sistem pendinginan mesin mobil.

Terdapat sedikitnya 7 hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah overheat.

1. Air Radiator

Hal yang paling mudah dan sebaiknya paling awal diperhatikan yaitu kondisi dari air radiator.

Pastikan air radiator tidak berwarna coklat keruh, jika sudah berwarna demikian, sebaiknya kuraslah air radiator tersebut.

Hindari penggunaan air radiator yang terlalu banyak mengandung mineral zat besi seperti air tanah karena dapat menimbulkan karat di bagian dalam radiator.

2. Fisik Radiator

Hal kedua yang perlu diperhatikan yaitu kondisi fisik dari radiator itu sendiri.

Pastikan tidak terdapat kebocoran pada fisik radiator dan pastikan juga tutup reservoir dapat menutup dengan rapat.

3. Selang Radiator

Sangat banyak faktor overheat yang disebabkan oleh kondisi selang radiator yang sudah tidak layak.

Umumnya selang radiator yang sudah termakan usia akan menciut dan dapat menyebabkan masuknya angin palsu ke dalam radiator.

Pastikan juga kondisi selang radiator tidak memuai.

Karena jika selang radiator memuai dapat menyebabkan keluarnya uap dari air radiator yang dapat berakibat air radiator lebih cepat habis.

4. Water Pump

Kondisi waterpump yang sudah tidak layak juga dapat mempengaruhi mesin mobil menjadi overheat.

Umumnya kerusakan terjadi pada bagian kipas yang sudah mulai korosif dan juga seal waterpump yang sudah jelek.

5. Kipas Mesin

Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mesin, kondisi kipas juga haruslah diperhatikan.

Umumnya, mobil yang sudah berusia tua memiliki kondisi dinamo cooling fan yang sudah tidak layak.

Hal ini biasanya ditandai dengan mulai melemahnya putaran dari baling-baling kipas itu sendiri.

Hadi juga menyarankan untuk memeriksa kelistrikan dari kipas itu sendiri seperti sekring dan relay kipas.

Pastikan tidak ada yang dalam kondisi meleleh.

6. Kondisi Mesin

Mobil yang sudah cukup berumur biasanya memang disarankan untuk melakukan overhaul mesin.

Hal tersebut juga diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi head mesin tidaklah melengkung.

Karena jika kondisi mesin sudah tidak optimal seperti head sudah melengkung, akan membuat mobil cepat panas dan menguras kinerja radiator.

Di titik tertentu radiator tidak akan sanggup dan mesinpun overheat.

7. Thermostat

Kondisi thermostat yang sudah tidak layak biasanya akan selalu menutup dan menyebabkan air tidak dapat bersirkulasi normal kembali ke radiator.

8. Tutup Radiator

Tutup radiator harus dapat berfungsi dengan baik untuk menjaga tekanan di dalam radiator.

Jika tidak, uap air akan keluar dan air radiator habis.

Jika kamu lalai mengecek air di tabung penyimpanan, mesin akan terkena overheat saat melaju.

9. Tabung Air Cadangan

Kotoran seperti lumpur atau lumut dapat mudah timbul di dalam tabung reservoir.

Kalau sudah terlalu banyak akan menyumbat jalur air dan menghambat sistem pendingin mesin.

Mencegah Mesin Overheat

Mayoritas pemilik mobil masih kurang peka terhadap segala hal yang terjadi pada mobilnya sendiri.

Padahal, jika rutin mengecek dan memperhatikan komponen di atas, potensi masalah overheat bisa dicegah.

Cara yang paling mudah adalah kamu rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota karena dilakukan pengecekan sistem pendingin mesin.

Jangan ragu untuk mengganti komponen yang rusak supaya tidak menimbulkan overheat.


Back to top