
Automotive
04 Jan 2022
Sportscar All New Toyota GR86 Hadir di Jepang dengan Andalkan Mesin Boxer Baru
Sportscar All New Toyota GR86 Hadir di Jepang dengan Andalkan Mesin Boxer Baru
By adminConnect
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) memulai penjualan all-new GR86 yang mengusung banyak ubahan terkini di Jepang.
Sebenarnya dimensi GR 86 baru hampir identik dengan model sebelumnya.
Membatasi tinggi keseluruhan dan hip point kendaraan membantu menurunkan pusat gravitasi dan meningkatkan manuver sehingga memberikan kelincahan yang dibutuhkan dari sebuah sports car.
Penggunaan aluminium untuk panel atap menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, sementara spatbor aluminium dan jok depan serta muffler yang diperbarui berkontribusi pada pengurangan bobot.
Kekakuan bodi telah ditingkatkan dengan tujuan menawarkan handling yang menyenangkan di semua rentang kecepatan, dari mengemudi di perkotaan hingga performa maksimal.
Termasuk kekakuan torsi yang juga telah ditingkatkan sekitar 50% dibandingkan model sebelumnya untuk stabilitas kemudi yang lebih baik.
Dengan bagian atas spatbor yang memanjang secara horizontal ke bahu samping, GR 86 menawarkan penampilan yang khas dari sportscar mesin depan dan penggerak roda belakang.
Bagian bawah bodinya yang horizontal dan bagian belakang kabin yang sempit berpadu untuk menciptakan tampilan pusat gravitasi rendah yang lapang.
Bagian depan kendaraan dilengkapi dengan GR-specific Functional MATRIX Grille yang memadukan kinerja serta nuansa sporty dan agresif.
Orientasi Kokpit Fokus pada Pengemudi
Sistem operasi GR86 mencakup panel instrumen beraksen horizontal dan berbagai sakelar ditempatkan secara optimal untuk memungkinkan pengemudi fokus mengemudi.
Dilengkapi dengan BOXER Meter, terdiri dari layar warna 7 inci dan LCD meter, urutan animasi opening mobil ini terinspirasi oleh gerakan piston dari mesin GR86 yang berlawanan secara horizontal, menumbuhkan kegembiraan bahkan sebelum berkendara.
Tampilan panel instrumen mewujudkan kinerja sport GR86, berubah sesuai dengan mode mengemudi yang digunakan.
Mode NORMAL menunjukkan kecepatan arus dalam jumlah besar di dalam takometer melingkar; mode SPORT (hanya tersedia pada transmisi otomatis AT), tepi dan cincin pengukur takometer berubah menjadi merah; Mode TRACK mengambil inspirasi dari tampilan mobil balap dan menunjukkan putaran mesin dalam skala besar.
Bangku sport GR86 menghadirkan sensasi menyatu dengan kendaraan. Bangku depan yang ringan menggunakan bantalan independen untuk menopang bodi serta menahan gaya lateral g dan longitudinal yang dihasilkan selama berkendara.
Mesin Baru 2.400 cc Boxer
Bermodalkan mesin yang ringan dan kompak dengan pusat gravitasi rendah sejalan dengan DNA-nya, GR 86 meningkatkan kapasitas mesin dari 2.000 cc menjadi 2.400 cc 4-silinder boxer berteknologi Direct fuel injection and port injection system (D-4S).
Tenaga yang dihasilkan mencapai 235 PS di 7.000 rpm dan torsi 250 Nm di 3.700 rpm, dimana tenaga dialirkan melalui opsi transmisi 6-speed manual atau 6-speed otomatis ke roda belakang.
Hasilnya, mesin memberikan performa berkendara yang superior, dengan catatan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik atau lebih baik dari model sebelumnya yang hanya 7,4 detik.
Daya tanggap mesin juga telah ditingkatkan sehingga memberikan sensasi mulus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.
GR 86 menampilkan komponen aerodinamika yang terlihat pada 86 versi balap, termasuk air outlets, side sill spoilers, dan bagian lain yang meningkatkan respons dan stabilitas kemudi.
Versi AT dari GR86 menggunakan teknologi yang memberikan dukungan keselamatan berkendara sehari-hari.
Pre-collision safety technologies membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan ditambah emergency rescue support and secondary collision avoidance support jika terjadi kecelakaan.