New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2135

Teknik Memutar Setir yang Benar Supaya Sigap Mengendalikan Mobil Saat Ada Masalah

Teknik Memutar Setir yang Benar Supaya Sigap Mengendalikan Mobil Saat Ada Masalah

Setelah memahami cara mengatur posisi mengemudi dan memegang setir yang benar, kini akan dibahas mengenai teknik memutar setir yang aman.

Bagaimana kamu bisa mengendalikan mobil dengan baik kalau secara teknis mengemudi kurang siap?

Tips ini terkait proses dan teknik olah kemudi yang benar di jalan.

Seperti telah disinggung sebelumnya, cara mengemudi yang baik harus mengetahui posisi tangan di lingkar kemudi. 

Sedikit mengulang, posisi tangan di arah jam 9 dan 3 serta jari jempol tidak ikut menggenggam setir.

Lanjut adalah cara memutar setir supaya kamu tidak mengemudi ala sopir angkot yang sering ugal-ugalan di jalan.

1. Pull and Push (Tarik dan Dorong)

Posisi tangan kamu memegang setir di arah jarum jam 3 dan jam 9 dan jempol tidak perlu mencengkeram lingkaran setir. 

Jempol kamu bisa cidera jika mengenai ruas-ruas setir yang di bagian tengah saat kecelakaan. 

Selain itu, kalau jempolnya di dalam seperti mencengkeram setir, bisa-bisa tangan kamu patah saat airbag meledak.

Saat ingin berbelok, letakkan tangan yang berada di arah belok pada posisi jam 12. 

Kalau mau belok kanan artinya tangan kanan yang ada di posisi tersebut.

Selanjutnya tangan tersebut digerakkan ke arah belok dengan gerakan seperti menarik. 

Sesuaikan sudut putar dan tenaga dengan arah berbelok mobil.

Sembari itu, tangan satunya lagi membantu dengan diletakkan di posisi jam 6 atau paling bawah dari lingkar kemudi.

Bantu mendorong ke arah belok dengan sudut putar dan tenaga mengikuti gerakan tangan satunya.

Itulah mengapa teknik memutar setir ini sering disebut sebagai tarik dan dorong. 

Umum dipakai saat manuver ringan seperti berbelok di perempatan jalan.

Pergerakan setir ringan seperti pindah lajur atau belok di jalan menikung, selama tidak butuh banyak putaran setir, tangan masih tetap di posisi jam 9 dan jam 3.

2. Hand Over Hand

Teknik hand over hand cocok untuk manuver yang butuh radius putar luas sekaligus seperti saat balik arah di U turn atau parkir seri.

Ambil contoh saat ingin berbalik arah, posisikan tangan kanan di arah jam 10 dan tangan kiri di arah jam 4 secara bersamaan.

Selanjutnya putar secara bersamaan kedua tangan ke arah belok mobil. 

Karena jangkauan tangan yang luas, kamu bisa memutar setir sekaligus untuk mendapatkan sudut belok yang besar.

Bahkan kadang kala cukup dengan sekali putar, mobil sudah mendapatkan sudut belok yang diinginkan. 

Kamu tinggal menahan setir agar tidak berbalik arah sebelum waktunya.

Kalaupun belum cukup, kamu bisa mengembalikan tangan ke arah awal. 

Namun jangan sekaligus karena harus ada tangan yang menahan setir.

Tetap ambil contoh saat balik arah ke kanan, pindahkan dulu tangan kiri kembali ke posisi jam 9 untuk menahan kemudi. 

Setelah itu, pindahkan tangan kanan ke posisi jam 10.

Sejenak tangan kanan sudah bisa menahan kemudi agar tetap berada di sudut yang diinginkan, segera pindahkan tangan kiri ke posisi jam 4.

Lakukan kembali gerakan memutar dari awal. 

Sesuaikan sudut putar kemudi dengan sudut belok yang kamu inginkan.

3. Jangan Seperti Sopir Angkot

Jangan pernah melakukan gerakan menyangkul, yakni posisi tangan di jam 12 namun dengan arah genggaman dibalik keluar ala sopir angkot.

Beberapa orang melakukan cara ini karena hanya perlu satu tangan untuk memutar setir. 

Masalahnya adalah, kamu tidak punya kendali sepenuhnya pada kemudi. 

Ketika misalnya kamu harus membalikkan kemudi ke arah berlawanan, tangan kamu tidak akan sigap dalam melakukannya.

Pun sulit buat kamu untuk mengukur sudut putaran kemudi apakah sesuai dengan sudut belok mobil. 

Plus, ada risiko cidera saat kemudi berputar sendiri ke arah berlawanan dengan cepat.

4. Jangan Hanya Menempelkan Telapak Tangan

Hindari pula menggerakkan setir seperti orang mencuci dengan hanya menempelkan telapak tangan ke setir. 

Ini juga banyak dilakukan oleh sopir angkot.

Posisi seperti ini tidak memberikan kamu akses yang optimal pada setir. 

Saat kondisi darurat, kamu akan kebingungan sendiri dan akan kehilangan kendali atas setir mobil.


Back to top