New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1239

Teknologi Crumple Zone yang Menyerap Energi Benturan Saat Terjadi Kecelakaan

Teknologi Crumple Zone yang Menyerap Energi Benturan Saat Terjadi Kecelakaan

Dulu, produsen mobil membuat sasis sekuat mungkin dengan harapan agar dapat menahan benturan yang terjadi saat kecelakaan.

Seiring waktu terbukti, skema ini justru membuat energi benturan yang terjadi saat tabrakan dialirkan ke dalam kabin mobil dan membuat cidera penumpang kian parah.

Selanjutnya ditemukan teknologi yang diberi nama Crumple Zone.

Apa Itu Crumple Zone?

Kalau kamu melihat berita kecelakaan mobil, dalam beberapa kasus kabin mobil masih terlihat utuh meskipun bagian depan hancur.

Bagian mobil yang remuk tersebut masuk ke dalam area Crumple Zone.

Crumple Zone atau zona benturan adalah bagian dari sasis mobil di wilayah depan, samping dan belakang yang sengaja dibuat rapuh.

Meskipun rapuh, tetapi bagian ini memiliki peran sangat krusial untuk meredam benturan saat mobil kamu mengalami kecelakaan.

Memang, mobil kamu jadi terlihat hancur, namun energi benturan yang berhasil diserap membuat risiko fatalitas menurun signifikan, dan nyawa manusia jauh lebih penting ketimbang bodi mobil yang masih bisa diperbaiki.

Cara Kerja Crumple Zone

Crumple zone menerima dan menyerap gaya kinetik yang datang dari arah berlawanan untuk selanjutnya diredam supaya tidak berlanjut ke kabin mobil dan membuat pengemudi aman saat tabrakan.

Ketika mobil mengalami tabrakan, maka bagian Crumple Zone akan langsung rusak secara instan, menyerap semua tenaga kinetik dari arah berlawanan dan meredam benturan tersebut hingga tidak berlanjut ke kabin mobil.

Tidak hanya di bagian depan dan buritan, Crumple Zone juga dipasangkan pada dudukan mesin dan transmisi.

Dengan begitu, mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong ke belakang sehingga mengurangi energi tumbukan yang akan diteruskan ke kabin.

Crumple Zone Tidak Bekerja Sendiri

Meski dirancang untuk membantu menyelamatkan nyawa, Crumple Zone bukanlah pelindung mutlak untuk menjamin keselamatan penumpang.

Masih ada teknologi keamanan pasif lain yang bertugas meminimalkan potensi korban jiwa ketika kecelakaan, seperti seatbelt dan airbags.

Seluruh fitur safety tersebut telah menjadi standar di semua produk Toyota yang beredar di Indonesia.

Semua sistem pengaman itu baru akan terasa manfaatnya kalau kamu menggunakan seatbelt.

Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu memasang seatbelt saat menggunakan mobil, termasuk membiasakannya untuk penumpang di belakang.


Back to top