
Technology
10 Mar 2020
Teknologi Mesin Toyota Ini Diklaim Irit Bensin dan Punya Tenaga Besar
Teknologi Mesin Toyota Ini Diklaim Irit Bensin dan Punya Tenaga Besar
By IndraKeren
Toyota selalu punya cara untuk menciptakan mesin mobil yang efisien, ramah lingkungan, namun tetap bertenaga sesuai dengan tuntutan era millenial yang bervisi masa depan.
Bukan perkara mudah menyatukan ketiga parameter di atas Karena biasanya ada salah satu yang mesti dikorbankan.
Toyota berhasil mengembangkan teknologi mesin agar dapat mengakomodasi ketiga hal tersebut yang disebut dengan Dynamic Force.
Ke depannya, semua mesin mobil Toyota akan mendapatkan teknologi ini.
Keunggulan Dynamic Force
Mesin Toyota Camry 2.500 cc 4 silinder bermodalkan teknologi Dynamic Force punya tenaga hingga 206 dk dan konsumsi BBM seirit 14,64 km/liter.
Para engineer Toyota berusaha untuk dapat meningkatkan efisiensi mesin di empat area utama, seperti pengurangan gesekan (friction reduction), pendinginan (cooling), aliran knalpot (exhaust flow), dan sistem asupan (intake system).
Hasilnya, mesin tersebut mengalami perbaikan efisiensi termal hingga mencapai angka 40 persen.
Dan kuncinya ada di saluran masuk mesin yang memakai fitur Dynamic Force tersebut.
Selain melakukan perbaikan pada efisiensi mesin, Toyota juga melakukan ubahan sudut intake valve, serta melebarkan sudut antara intake dan exhaust valve dengan menggunakan piston yang telah dimodifikasi.
Campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder dibuat bergerak berputar sehingga membentuk pusaran (swirling motion).
Gerakan tersebut diklaim mampu meningkatkan pembakaran serta menghasilkan lebih banyak tenaga dan menurunkan kadar emisi.
Transmisi 8-Speed
Sistem injeksi bahan bakar langsung dengan injektor variabel menjadi salah satu senjata pamungkas dari teknologi ini.
Termasuk rasio kompresi lebih tinggi dan bahan piston lebih ringan.
Dipadukan teknologi katup variabel yang kian progresif mengikuti irama berkendara, terciptalah mesin yang sangat efisien, ramah lingkungan, namun punya potensi tenaga yang menakjubkan di setiap rentang putaran mesin.
Sebagai penerus daya, Toyota menciptakan transmisi otomatis dengan rasio gigi 8-speed, bahkan 10-speed guna memastikan saluran daya tetap terjaga efisien.
Tetap dengan banyak keunggulan seperti dimensi transmisi yang lebih kecil dan ringan, punya gaya gesek yang rendah, hingga proses perpindahan gigi yang cepat dan pintar.