New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.647.900.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1612

Tidak Perlu Repot, Inilah Kunci Perawatan Mesin Diesel Modern

Tidak Perlu Repot, Inilah Kunci Perawatan Mesin Diesel Modern

Demi menjaga mesin diesel modern tetap bekerja baik, perlu dilakukan perawatan yang teliti.

Merawat mobil diesel modern tidak bisa lagi “sejorok” mesin diesel lawas.

Apalagi jika kamu sampai alpa menjalani servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Karena itulah ada dua kunci utama yang perlu diperhatikan saat merawat mobil diesel modern.

1. Oli Mesin

Karena diesel modern biasanya dilengkapi teknologi turbo variabel, maka pilihan oli yang tepat buat mesin wajib hukumnya.

Kebutuhan oli pada mesin diesel tergolong sangat encer.

Pilihannya ada di SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30, direkomendasi untuk mesin diesel dengan turbocharger.

Sekadar informasi, pelumas mesin diesel kini karakteristiknya sama dengan pelumas yang dibuat untuk mesin bensin.

Mulai dari tingkat kekentalannya, mesin diesel saat ini pun mulai membutuhkan pelumas yang lebih encer.

Hal tersebut dikarenakan beban kerja mesin diesel lebih ekstrem karena rasio kompresi yang tinggi.

Ditambah dengan kehadiran turbo, maka menghasilkan suhu dan tekanan yang lebih tinggi pula.

Sehingga, jangan kaget jika pelumas mesin diesel masa kini memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih rendah.

2. Bahan Bakar

Selain pelumas, bahan bakar juga tidak bisa menggunakan bahan bakar alias solar berkualitas rendah.

Hal ini karena tekanan pada sistem bahan bakar mesin diesel modern cukup tinggi.

Sehingga mesin diesel modern memerlukan bahan bakar berkualitas yang punya kandungan sulfur rendah.

Apabila mesin dipaksakan mengonsumsi bahan bakar kualitas rendah, bisa dipastikan filter solar akan menjadi korban pertamanya.

Filter solar bisa mengalami kemampatan.

Lantas kerusakan ini akan diikuti terganggunya fungsi injektor karena solar berkualitas rendah memiliki kandungan sulfur tinggi.

Filter solar mesin diesel modern itu harus sangat rapat dan bersih.

Tujuannya agar tidak ada kotoran yang bisa menghambat lubang injektor mesin yang semakin kecil.

Di samping itu, ada yang dinamakan dengan catalytic converter.

Komponen ini berguna menyaring kadar emisi gas buang agar lebih bersih.

Masa pakai catalytic converter bergantung pada kualitas bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar berkualitas akan memperpanjang umur catalytic converter.


Back to top