
Lifestyle
03 Dec 2019
Tiga Elemen Kunci Pengembangan Toyota GR Supra yang Membuatnya Fun to Drive
Tiga Elemen Kunci Pengembangan Toyota GR Supra yang Membuatnya Fun to Drive
By santo
Toyota GR Supra punya sejarah panjang di dunia otomotif global, terutama di sektor sportscar.
Berawal di tahun 1978 ketika Toyota ingin membangun model lain dari Toyota Celica, lahirlah Celica XX atau Celica Supra.
Sedari awal, model Celica Supra diposisikan sebagai mobil sport yang bisa dipakai sehari-hari atau akrab dijuluki sebagai Pony Car.
Cirikhas Supra yang secara turun temurun diwariskan pada generasi berikutnya adalah kap mesin panjang yang mengakibatkan area kabin terbatas.
Sporty Feeling Ala Supra
Sporty feeling yang dicurahkan membuat para pecinta mobil sport jatuh cinta.
Kap mesin panjang dibuat untuk mengakomodasi mesin 6 silinder inline bersama transmisi yang meneruskan tenaga ke roda belakang.
Dengan posisi seperti itu, setiap tarikan tenaga ke roda belakang dapat dirasakan secara nyata oleh pengemudi yang nyaris duduk di atas roda belakang.
Sementara di saat bersamaan, setiap aksi meliuk dan menikung ban depan dapat terpantau dari kokpit dan menciptakan aroma fun to drive yang sulit untuk diungkapkan.
Apalagi ketika roda belakang bergeser karena gejala oversteer yang membuat adrenalin siapapun yang berada di balik kemudi bakal memuncak.
Tiga Elemen Kunci GR Supra
Proses Genchi Genbutsu atau “mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya” melahirkan tiga elemen kunci sebagai pedoman menciptakan GR Supra.
Terdiri atas jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity).
Para engineer TGR memutuskan untuk memperkecil jarak wheelbase untuk membuat Supra kian lincah dan gesit di jalan.
Bahkan lebih pendek dari Toyota 86 yang mencapai 2.570 mm, sementara Supra hanya 2.470 mm.
GR Supra juga tampak lebih rendah dengan tinggi hanya 1.294 mm, sementara lebarnya mencapai 1.854 mm, dan panjang 4.379 mm.
Untuk ukuran sporstcar bertenaga besar, dimensinya terbilang kompak sehingga mudah untuk dipakai setiap hari.
Distribusi Bobot 50:50
Dengan trek roda lebar dan posisi duduk pengemudi rendah, GR Supra menghasilkan pusat gravitasi yang rendah sehingga balans mobil saat manuver cepat akan terjaga dengan baik dan tidak mudah limbung.
Salah satu kunci menjaga sensasi berkendara adalah mengatur distribusi bobot mendekati 50:50, yang dengan sempurna berhasil ditorehkan oleh GR Supra.
Dengan distribusi bobot yang seimbang pada seluruh roda, gaya saat mobil bergerak dapat disalurkan dengan baik dan merata.
Angka 50:50 nyaris mustahil dan hanya sedikit mobil yang bisa mencapainya.
Cara yang dilakukan adalah dengan memundurkan mesin sejauh 50 mm ke belakang hingga berada di belakang as roda depan dan menciptakan konfigurasi front-mid engine.
Bahan aluminium juga digunakan secara masif untuk mengurangi bobot mobil, seperti pada kap mesin dan pintu mobil.
Sistem suspensi depan mendapatkan material alumunium yang sekaligus untuk meningkatkan kekakuan sasis.
Menjaga Tatanan Aerodinamika
Desainer Toyota berusaha untuk mengatur aliran udara di kolong mobil supaya tidak merusak tatanan aerodinamika yang sudah dibangun sejak awal.
Makanya, seluruh area kolong ditutup oleh lapisan dan diatur desainnya untuk mengurangi daya angkat guna meningkatkan pengendalian dan kestabilan berkendara.
Dengan melakukan improvement pada sejumlah titik, eksterior GR Supra terlihat begitu klasik dan aerodinamis.
Desain bagian atas hadir dengan double bubble unik yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang ala duck-tail untuk memberi tambahan gaya tekan dan menampilkan kesan sporty yang kuat.
Rongga udara besar di bumper depan dan belakang, serta velg alloy 19 inchi memiliki citarasa racing yang kuat.
Foglamp belakang di bawah ala mobil balap F1 tampak serasi bersama sepasang ujung knalpot sporty.
Sportscar Fun to Drive
Target dari semua ini adalah sebuah mobil sport yang fun to drive di jalan.
Dengan pengendaraan yang stabil dan handling yang tepat, GR Supra akan mengikuti apapun perintah pengemudinya dengan lugas dan menghibur.
Ini sesuai dengan fokus pengembangan GR Supra yang mengutamakan keinginan pemilik (customer oriented).
Sehingga nantinya, GR Supra bisa menjadi teman yang menyenangkan saat perjalanan jauh, beraktivitas setiap hari, atau sesekali merasakan track day di sirkuit.