New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_960

Tips Cara Cegah Mobil Kamu Nyelonong di Jalan Menurun

Tips Cara Cegah Mobil Kamu Nyelonong di Jalan Menurun

Jalan menurun tidak kalah menyulitkan dari jalan menanjak untuk sebagian pengemudi yang belum terasah jam terbangnya.

Kalau mobil tidak kuat nanjak bakal turun, mobil yang tidak diatur lajunya saat turun bisa nyelonong tidak terkendali.

Kamu wajib tahu trik atau cara aman melintas di jalan menurun.

Tidak boleh asal karena pengaturan penempatan transmisi juga sangat berpengaruh pada keamanan berkendara pengguna jalan lainnya.

Mobil Transmisi Manual

Perlakuan untuk mobil manual dan matik berbeda.

Untuk transmisi manual, jika jalan menurun sebaiknya menggunakan gigi rendah seperti gigi tiga kalau tidak terlalu curam dan dua kalau lumayan curam dan panjang.

Tujuannya agar terjadi efek engine brake dan mobil tidak langsung melaju dengan cepat karena ada kecepatannya tertahan putaran mesin.

Apalagi jika jalannya kosong, untuk menghindari kecepatan tinggi maka jangan gunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju lebih kencang lagi ketimbang menggunakan gigi dua atau tiga.

Selain tidak memiliki efek pengereman mesin, penggunaan gigi tinggi membuat mobil jadi meluncur liar dan tak terkendali.

Dan ini sangat berbahaya.

Mobil Transmisi Matik

Selanjutnya, trik buat kamu sebagai pemilik mobil dengan transmisi matik.

Caranya tidak jauh berbeda dengan manual, kamu hanya perlu memindahkan posisi tuas transmisi dari D ke D3 atau D2.

Tapi melihat karakter transmisi otomatis yang lebih sulit mengail engine brake, sebaiknya di D2.

Ketika tuas transmisi digeser ke D2, transmisi akan bekerja secara otomatis hanya pada gigi 1 dan 2 dan tidak naik ke 3 apapun yang terjadi.

Bahkan kalau terpaksa, seperti ketika menemukan turunan sangat curam, geser tuas transmisi ke D1 sehingga posisi gigi tidak bisa beranjak ke 2.

Praktis transmisi otomatis akan membantu menahan laju mobil dari potensi meluncur tidak terkendali.

Setelah itu, jika kamu bertemu dengan jalan yang normal atau lurus tanpa ada tanjakan atau turunan lagi, kembalikan posisi transmisi ke D agar dapat melaju normal.

Tuas D pada mobil matik tidak memberikan efek engine brake sehingga mobil bisa melaju dengan lebih cepat jika melintasi jalan menurun.

Mobil Transmisi CVT

Beberapa mobil matik tidak ada pilihan D3, D2, atau[un D1, ini biasa terlihat di mobil dengan transmisi otomatis CVT.

Di sini dibutuhkan kepiawaian kamu dalam mengatur pengereman agar mobil tidak meluncur.

Tapi kalau di rasa mobil tidak akan sanggup ditahan lajunya, kamu bisa pindahkan gigi ke M atau manual.

Turunkan gigi ke posisi yang kamu mau dengan mendorong transmisi ke posisi – (minus), maka efek engine brake akan kamu dapatkan.

Sebenarnya transmisi manual dan matik pada seluruh model Toyota sendiri sudah sangat canggih dan mumpuni di jalan menurun atau menanjak.

Sehingga yang paling penting adalah pengetahuan atau cara berkendara kamu.


Back to top