New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3355

Tips Merawat Ban Serep, Bisa Repot Kalau Udaranya Habis dan Pastikan Ada di Tempatnya

Tips Merawat Ban Serep, Bisa Repot Kalau Udaranya Habis dan Pastikan Ada di Tempatnya

Ban serep atau ban cadangan letaknya tersembunyi sehingga banyak pemilik mobil melupakannya.

Apalagi karena jarang dipakai, bahkan bisa sampai lama jika kamu beruntung ban tidak pernah bocor.

Ban serep ukuran normal masih lebih diperhatikan karena masuk ke dalam skema rotasi ban sehingga masih dipakai.

Padahal ban serep adalah malaikat penyelamat terbaik ketika ban mobil bocor.

Tentu akan sangat menyulitkan jika ban serep tidak ada tekanan udaranya atau bahkan hilang.

Berikut tips ringan supaya kamu selalu peduli pada ban serep.

1. Pelajari Letak Ban Serep

Mobil sedan dan MPV seperti Vios dan Sienta, ban serep diletakkan di bawah dek bagasi.

Kamu tinggal buka alas dek bagasi untuk mengambilnya dengan mudah.

Namun, beberapa MPV seperti Avanza dan Innova meletakkan ban serep di kolong bagasi.

Butuh teknik khusus untuk menurunkan ban serep model ini dari dudukannya dan kamu bisa mempelajarinya di waktu senggang.

Ada juga yang meletakkan ban serep di pintu bagasi atau biasa disebut konde seperti pada Toyota Rush model lama.

Metode penempatannya tidak aneh, tapi akan jadi masalah kalau kamu tidak tahu cara menurunkannya.

2. Perhatikan Ukuran Ban Serep

Ada ban cadangan yang diletakkan di bawah dek bagasi berukuran lebih kecil atau jenis space saver.

Tidak pengaruh terkait pemasangan, tapi tidak dianjurkan untuk memakai terlalu lama dan kecepatan mobil dibatasi hanya sekitar 40-60 km/jam.

Segera tambal ban dan kembalikan ban asli ke posisinya semula karena ban serep space saver tidak diperuntukkan bagi harian.

Ban jenis ini juga tidak ikut serta pada skema rotasi ban.

Sementara untuk ban serep dengan ukuran sama dengan lainnya seperti milik Avanza, tidak butuh perlakuan khusus.

3. Lakukan Simulasi Ganti Ban Serep

Kamu dapat belajar melakukan simulasi bongkar pasang ban serep dan menggantinya di waktu santai.

Karena banyak hal bisa kamu pelajari dan sangat bermanfaat ketika dibutuhkan, apalagi kalau sampai ban bocor di lokasi sepi di malam hari.

Kamu bisa belajar tempat menyimpan dongkrak dan posisi menaruhnya di kolong mobil yang tepat ketika mau mengganti ban.

Termasuk cara mengoperasikan dongkrak, membuka baut ban, hingga memasang ban serep yang cepat dan efisien.

Proses mengganti ban bukanlah pekerjaan yang mudah jika tidak dipelajari sebelumnya.

4. Perawatan Ban Serep

Meskipun jarang dipakai, bukan berarti ban serep tidak butuh perawatan.

Tentu kamu tidak mau ketika dibutuhkan ban serep malah bocor atau rusak sehingga tidak dapat dipakai.

Ada beberapa langkah perawatan ban serep atau ban cadangan yang bisa kamu lakukan dimana pada intinya sama dengan merawat ban standar.

1. Paling utama, perhatikan kondisi karetnya, apakah masih bagus atau ada kerusakan seperti permukaan yang getas atau benjol.

Akibat ban terlalu lama disimpan membuat kondisi karet menurun, apalagi ban yang tersimpan di bawah bagasi yang berisiko kotor.

2. Jangan lupa memeriksa tekanan udara ban serep.

Tekanan udara memiliki peran penting untuk memastikan ban serep tetap dalam kondisi prima sehingga bisa langsung dipakai saat dibutuhkan.

Kamu bisa tambah tekanan udara ban serep dengan tekanan paling tidak 10 PSI di atas tekanan ban normal minimal sebulan sekali.

3. Perhatikan alur ban serep jangan sampai aus atau ada kerusakan seperti robek.

Bersihkan kerikil atau batu yang terselip di antara telapak ban serep.

4. Cuci dan bersihkan ban serep agar terhindar dari kotoran, debu atau risiko karat pada peleknya.

Pastikan kering sempurna dan perhatikan kembali kondisi ban serep untuk memastikannya tidak ada masalah.

5. Untuk lebih memaksimalkan peran ban cadangan dan menjaga fungsinya, sebaiknya kamu melakukan rotasi.

Tapi ini hanya berlaku untuk ban serep yang ukurannya sama dengan ban utama.


Back to top