New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.647.900.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1450

Tips Mudah Cara Merawat Turbo Supaya Tidak Mudah Rusak

Tips Mudah Cara Merawat Turbo Supaya Tidak Mudah Rusak

Mesin mobil modern menggunakan kubikasi kecil demi efisiensi bahan bakar.

Untuk menjaga performa, mesin seperti ini biasanya dilengkapi turbo atau turbocharger.

Turbo juga dipakai oleh mesin diesel untuk meningkatkan performa sejak putaran rendah.

Turbo Harus Dirawat

Namun masih ada di antara kamu yang belum mengerti cara merawat turbo.

Dengan adanya turbo, kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Tenaga mesin dapat meningkat tanpa harus mengurangi bobot mobil.

Itulah salah satu alasan utama banyak pabrikan yang mengandalkan turbo.

Komponen turbo tidak memiliki cara khusus untuk merawatnya.

Namun bukan berarti kamu bisa seenaknya dan tidak memerhatikan kondisi turbo.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar komponen tersebut tetap awet, terawat, dan bekerja secara optimal.

Jaga Kondisi Oli

Perawatan untuk komponen turbonya sendiri tidak ada.

Tapi yang penting adalah oli sebagai pelumas padahal turbo bekerja di putaran sangat tinggi

Turbo bekerja cukup berat, karena mampu berputar hingga lebih dari 240.000 rpm.

Untuk itu, penting sekali pelumasan yang terbaik agar performanya tetap terjaga.

Bahkan beberapa pabrikan mobil ada yang menggunakan oli khusus turbo.

Pastikan pula kamu menggunakan oli sesuain rekomendasi pabrikan.

Disesuaikan dengan desain turbonya, misalkan material bearing turbo pakai Cu (tembaga), maka olinya harus ramah dengan Cu.

Kamu bisa mengganti oli sesuai rekomendasi ketika servis berkala di bengkel Toyota.

Bahan Bakar Sesuai Kebutuhan

Selain pelumasan, pemilihan bahan bakar juga tak kalah penting.

Bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik dapat menyempurnakan proses pembakaran di ruang mesin.

Tujuannya adalah agar tidak menghasilkan sisa gas buang yang terkandung partikel sulfur atau belerang.

Sebab, jika sisa gas buang ini tertempel pada turbin, dapat membuat komponen tersebut menjadi terbakar atau rusak.

Padahal tekanan gas buang dipakai untuk memutar turbin pada turbo.

Mudahnya, gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.

Jaga Kebersihan Filter Udara

Kebersihan filter udara juga patut untuk diperhatikan.

Sebab, sebelum udara masuk ke turbo, harus melewati filter terlebih dahulu.

Jika kondisi filternya sudah tidak sanggup menyaring udara dengan baik, nanti kinerja turbo juga jadi tidak optimal.

Lakukan penggantian filter udara saat servis berkala supaya turbo tidak bermasalah.

Jangan Langsung Matikan Mesin

Turbo bekerja dalam lingkungan yang ekstrem di putaran tinggi.

Oleh sebab itu, jangan langsung matikan mesin mobil saat berhenti.

Diamkan sekitar 30 detik untuk menurunkan putaran bilah turbo.

Ini juga membuat sirkulasi oli yang sedang bergerak cepat tidak langsung berhenti untuk menjaga usia komponen turbo.


Back to top