
Tips
19 Sep 2020
Tips Parkir Paralel Untuk Pemula, Kuncinya Adalah Patokan Yang Tepat
Tips Parkir Paralel Untuk Pemula, Kuncinya Adalah Patokan Yang Tepat
By faris
Sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara parkir seri atau berjajar dengan cara mundur yang baik.
Nah, sekarang saya akan coba bahas mengenai cara parkir paralel yang biasa dipakai untuk parkir pinggir jalan raya atau melapisi parkir seri.
Sebenarnya parkir paralel tidaklah sulit, namun faktanya begitu menantang.
Apalagi kalau kamu melakukan kesalahan karena sulit untuk memperbaiki posisi mobil.
Kata kunci dari parkir paralel yang tepat, cepat, dan efisien adalah mencari patokan yang tepat.
Cara Parkir Paralel
1. Pertama, cari lokasi parkir yang space-nya cukup unttuk menampung sekitar 1,5 kali panjang mobil kamu dengan tujuan untuk mendapatkan ruang manuver yang cukup nantinya.
2. Begitu ketemu, dekatkan mobil di depan dan beri jarak sekitar 50-60 cm.
3. Sejajarkan bumper belakang mobil kamu dengan bumper belakang mobil di sebelah kiri atau kanan depan space parkir yang dituju.
4. Masukkan tuas transmisi ke gigi mundur (R, Reverse) dan lihat kondisi di sekitar mobil sebelum memulai manuver mundur.
5. Jangan segan untuk menengok ke belakang atau mengintip kamera parkir jika ada untuk memastikan kondisi di belakang mobil kamu aman dari pejalan kaki dan mobil lain.
6. Putar setir full ke arah space parkir, mundurkan mobil perlahan hingga 45 derajat atau pilar B sejajar dengan bumper belakang mobil depan.
7. Terus mundur perlahan hingga pilar A atau engsel pintu depan sejajar dengan bumper belakang mobil di depan kamu.
8. Langsung lakukan counter steering (memutar setir ke arah berlawanan).
Langkah ini sangat krusial dan sering salah diterapkan karena sopir kurang tepat dalam menetukan patokan.
Alhasil pengemudi tidak mendapatkan posisi yang pas.
Biasanya tidak sejajar dengan mobil lain yang sudah terlebih dulu parkir.
Masalahnya adalah, begitu posisi parkir mobil kamu tidak sejajar mobil depan dan belakang, kamu bakal kesulitan mengatur karena terbatasnya ruang gerak di depan dan belakang.
Kalau kamu punya waktu luang, cobalah untuk parkir paralel sendiri untuk melatih insting dan memahami karakter mobil kamu.
9. Nah, setelah masuk ruang parkir pastikan mobil lurus dalam parkir, tidak ada bagian yang keluar atau miring.
10. Setelah beres, matikan mesin dan taruh tuas transmisi di posisi N (netral) untuk mobil manual.
Kalau mobil transmisi otomatis, bila dilengkapi, tekan atau colok dengan kunci tombol shift-lock release.
11. Jangan tarik rem parkir agar mobil mudah digeser bila ada mobil yang mau keluar.