
Lifestyle
05 Dec 2019
Toyota GR Supra HyperBoost Edition Mampu Hasilkan Tenaga Hingga 750 Dk
Toyota GR Supra HyperBoost Edition Mampu Hasilkan Tenaga Hingga 750 Dk
By AndriGaul
Analis NASCAR, Rutledge Wood dan tim telah menciptakan Toyota GR Supra HyperBoost Edition di ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) 2019, di Amerika Serikat, medio November 2019 silam.
"Saya sangat senang dengan kembalinya Supra untuk tahun 2020, tetapi saya sangat senang pada kesempatan untuk membangun satu untuk SEMA Show," kata Rutledge Wood, analis NASCAR, yang memproklamirkan diri sebagai fanatik Supra.
Dia melanjutkan, "Saya juga bersemangat untuk bekerja dengan Rick Leos sekali lagi, terutama karena Camry XSE kami dari SEMA 2017 mengalahkan semua peserta NASCAR."
“Bagi kami, tugas mengembalikan ikon Supra dan kemudian mendapatkan kesempatan untuk membangun satu untuk SEMA adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” tegasnya.
“Saya suka Supra, saya memiliki dua Supra MKIV sehingga pikiran saya mulai berpacu, memikirkan apa yang bisa kami lakukan untuk mesin ini,” ujarnya.
“Desain GR Supra datang begitu alami karena garis-garisnya sudah begitu agresif dan indah,” jelas partnernya, Rick Leo.
Serat Karbon Grade-A
Leo membuat beberapa rendering untuk GR Supra baru.
Kit ini diproduksi dengan serat karbon grade-A dan berakhir menjadi 20 buah kit, termasuk kit untuk winglet belakang dengan pemasangan baut layaknya body kit pabrikan.
Untuk menambah pengurangan berat, atap serat karbon menggantikan panel logam.
Setelah kit lengkap dipasang, Supra dibawa ke Quality Autobody North di Austin, Texas buat dipersiapkan untuk cat baru yakni TRD Cement Grey.
HyperBoost muncul dari bilik cat dengan penampilan seorang petarung jalanan dengan garis-garis yang berotot dan lebar.
Lightspeed Racing melaju dengan 3 set roda khusus dengan bibir serat karbon berukuran 20X10 inci di depan dan 20X12 inci di belakang.
Pelek ini dipasang dengan ban Continental ExtremeContact Sport 285/30R20 di depan dan 335/25R20 di belakang, disertai sistem suspensi baru untuk mengantisipasi ban ekstra lebar tersebut.
Tenaga Tembus 750 Dk
Untuk menambah tenaga, Zohair Jaffery datang memodifikasi mesin.
Jaffery pertama kali membuat exhaust manifold baru yang menempatkan paket Boost Logic BL Supra 750 antara peredam kejut dan mesin.
Boost Logic downpipe dan jalur pipa pembuangan titanium menyalurkan gas dari turbocharger ke bagian buritan mobil.
Setelah Jaffery melakukan modifikasi pada sistem bahan bakar, pengapian, dan turbo, mesin menghasilkan output puncak lebih dari 750 dk.
Tim harus melakukan upgrade ke sistem penghenti laju mobil.
Leo memilih kaliper Monobloc 6-piston Brembo guna menekan rotor dua bagian 380x34mm untuk mengganti komponen rem depan bawaan pabrik.
Pengaturan rem baru ini meningkatkan kemampuan melepas panas dan area permukaan gesekan untuk memaksimalkan kinerja penghentian laju mobil.