
Automotive
07 Nov 2022
Usung Tema Hi-Tech and Emotion, Eksterior All New Toyota bZ4X Sajikan Tampilan SUV yang Tangguh dan Canggih
Usung Tema Hi-Tech and Emotion, Eksterior All New Toyota bZ4X Sajikan Tampilan SUV yang Tangguh dan Canggih
By salsa
Berawal dari kertas kosong, Toyota telah menghasilkan desain yang sama sekali baru untuk memberikan kesan pertama yang mengagumkan.
Postur tubuh All New Toyota bZ4X yang ramping dan kokoh sesuai untuk kehidupan perkotaan modern dan pedesaan yang tenang, paduan antara tampilan canggih BEV dengan kualitas sesungguhnya sebuah SUV.
Tema tim desain Toyota adalah "Hi-Tech and Emotion", menantang tim untuk memenuhi harapan pelanggan dengan nuansa canggih dan build quality prima.
Fascia depan minimalis dan hi-tech namun menghindari dekorasi yang tidak perlu.
Hal ini ditandai dengan desain “hammerhead” sebagai cirikhas BEV Toyota dengan pahatan tegas dan kokoh diperkuat oleh lampu LED ramping berkesan futuristis dan penekanan pada sudut bumper depan yang menunjukkan desain SUV yang tangguh, diperkuat nuansa masa depan yang atraktif.
Pindah ke samping, tersaji siluet ramping dengan tinggi keseluruhan rendah dan berkesan pipih, diperkuat oleh pilar depan tipis.
Garis bahu rendah mencerminkan pusat gravitasi rendah yang dicapai dengan aplikasi platform eTNGA dan unit baterai terintegrasi disimpan di bawah lantai.
Sepatbor besar dengan diameter velg hingga 18 inch, didorong ke sudut bodi dengan panel tebal mengekspresikan karakter SUV.
Di belakang, fokus desain sekali lagi menekankan pada sudut mobil dengan lampu belakang khas yang menjembatani lebar kendaraan.
Kesan kokoh dengan sudut tebal berlanjut ke bagian bumper belakang bergaya sporty.
Desain bZ4X menggabungkan elemen aerodinamika yang berkontribusi pada peningkatan jarak tempuh.
Seperti lubang udara yang dipasang jauh di sudut bumper depan untuk menciptakan aliran udara yang halus, kolong mobil ditutup penuh oleh dek, spoiler atap terpisah dan ducktail, diffuser belakang, dan sudut desain bagasi yang mengalirkan udara.
Kisi udara di bumper depan yang ramping memiliki penutup untuk menyalurkan aliran udara pendingin ke baterai dan membantu mengurangi hambatan udara.
Untuk mengurangi kebisingan lebih jauh dari lingkungan di luar kabin mobil, kaca lebih tebal digunakan di jendela samping serta ada celah yang lebih lebar dan seragam antara kaca spion dan panel tiga perempat depan.
Pendekatan ini mengurangi suara yang dihasilkan oleh turbulensi angin.
Padahal, Cross-SUV ini sudah senyap dengan penggunaan motor listrik dan platform eTNGA yang mendukung kenyamanan berkendara berkualitas.