New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1139

Waspada Blind Spot, Begini Cara Mengatur Kaca Spion Mobil Yang Tepat

Waspada Blind Spot, Begini Cara Mengatur Kaca Spion Mobil Yang Tepat

Ada dua hal penting saat kamu berkendara yaitu mengendalikan mobil dan memahami hal lain yang berkaitan dengan keselamatan.

Salah satunya adalah mengantisipasi dampak dari blind spot (titik buta).

Bukan hal yang sulit melihat objek di depan mobil, namun mengetahui apa yang terjadi di samping dan belakang merupakan masalah tersendiri.

Karena itulah diciptakan komponen penunjang keselamatan berkendara bernama kaca spion.

Area Blind Spot Berbeda

Masalahnya, tidak semua area dapat terlihat melalui kaca spion.

Nah, area inilah yang kemudian kamu kenal dengan sebutan blind spot.

Area yang berpotensi menimbulkan bahaya, terutama saat menikung atau menyalip kendaraan. blind spot berbeda pada setiap jenis kendaraan.

Mobil penumpang misalnya, blind spot biasanya berada di sebelah kiri dan kanan pengemudi, sedangkan pada truk besar berada pada titik yang lebih rendah dari posisi duduk sopir.

Maksimalkan Kaca Spion

Sebenarnya, blind spot bisa diminimalkan dengan mengatur dengan benar ketiga kaca spion (kanan, kiri, dan tengah) sebelum kamu memulai perjalanan.

Kaca spion kanan dan kiri sebaiknya diatur agak melebar sehingga jangkauan pandangan ke kedua arah semakin luas dan hanya sedikit bagian belakang bodi mobil yang masih terlihat.

Sementara kaca spion tengah diatur sedemikian rupa sehingga kamu bisa melihat dengan baik kendaraan lain di belakang.

Ketika kamu akan menyalip atau berbelok, jangan hanya melihat ke arah spion.

Kamu juga harus menoleh ke arah samping kendaraan, tentu setelah memperhitungkan jarak mobilmu dengan kendaraan di depan.

Hal ini bertujuan agar kendaraan yang berada pada area blind spot tetap dapat terlihat, terutama bila yang berada di area tersebut adalah mobil kecil atau sepeda motor.

Cara Atur Kaca Spion Mobil

1. Lakukan saat mobil berhenti

2. Atur posisi duduk paling pas sesuai prinsip safety driving dan lakukan pengaturan kaca spion berdasarkan posisi duduk ini.

3. Arahkan spion kabin ke posisi paling tengah sehingga sudut pandang ke kiri dan kanan sama

4. Cobalah sapu pandangan dari depan ke spion tengah, perhatikan apakah sudutnya sudah pas dan nyaman di kepala karena menengok kaca spion bisa dilakukan puluhhan bahkan ratusan kali saat di jalan.

5. Untuk spion samping, arahkan keluar sampai persis di batas bodi mobil sehingga memperluas pandangan ke samping kendaraan

6. Tidak ada salahnya kamu turun dari mobil untuk memastikan posisi bodi mobil yang terlihat oleh kaca spion sehingga dapat lebih akurat dalam mengukur dimensi mobil dan jarak dengan kendaraan lain

7. Lakukan langkah no. 5 untuk spion samping

8. Saat mengemudi mobil yang belum pernah dipakai sebelumnya, jalan dulu perlahan untuk beradaptasi dengan kendaraan, termasuk dengan seting spion luar dan dalam

9. Jangan ragu untuk menepi bila dirasa pengaturan kaca spion belum optimal agar terhindar dari risiko celaka

10. Saat parkir mundur, arahkan spion kiri sedikit ke bawah, sehingga posisi ban terhadap trotoar atau pembatas terlihat.

Di beberapa merek, langkah ini otomatis dilakukan si mobil

11. Jangan memakai mode malam untuk siang hari pada spion tengah

12. Saat jalan, biasakan 10-15 detik sekali mengecek keadaan sekitar lewat spion sebagai langkah antisipasi pergerakan mobil lain dari belakang


Back to top