
13/07/2021
TGR Pertahankan Rekor Kemenangan 100% WEC 2021 pada Balap Ketahanan Monza 6 Jam di Italia
TGR Pertahankan Rekor Kemenangan 100% WEC 2021 pada Balap Ketahanan Monza 6 Jam di Italia
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) memperpanjang rekor kemenangan 100% dengan GR010 HYBRID berkat kemenangan yang diraih dengan susah payah dalam 6 Hours of Monza sebagai putaran ketiga FIA World Endurance Championship (WEC) 2021.
Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López di balik kemudi GR010 HYBRID #7 mengatasi tantangan dan kompetisi kelas LMH yang ketat untuk meraih kemenangan pertama di tahun 2021 untuk mengakhiri kemalangan mereka musim ini.
Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley melihat kemenangan mereka harus berakhir karena masalah teknis pada GR010 #8 mereka.
Pemenang Spa-Francorchamps 6 Hours dan Portimao 8 Hours ini harus menempati urutan ke-33 secara keseluruhan. Dengan hasil itu, TGR memperbesar keunggulannya di Kejuaraan Dunia Pabrikan menjadi 30 poin dari rival terdekatnya.
Sementara itu, perebutan mahkota klasemen pembalap semakin ketat dengan kru #8 sekarang memimpin hanya dengan selisih enam poin dari rekan setim #7, sang juara bertahan.
Lomba Berlangsung Sangat Ketat
Perlombaan terlihat seperti pertarungan ketat antara dua GR010 HYBRID ketika Mike memimpin tahap awal sebagi pole sitter diikuti oleh Sébastien.
Hanya beberapa detik memisahkan kedua mobil dengan ketat, tapi semua itu berubah sekitar 90 menit balapan tepat saat Brendon mengambil alih kemudi #8.
Masalah tekanan bahan bakar membutuhkan pit stop empat setengah menit. Setelah kembali ke trek di posisi 21, kemalangan lebih lanjut segera terjadi.
Sudut kiri depan as roda membutuhkan penggantian karena hub yang rusak dimana menghabiskan waktu #8 sebanyak 12 lap dan mematahkan setiap kesempatan untuk menang.
José memimpin kelas LMH meskipun ada safety car karena puing-puing di lintasan dan memimpin 22 detik di setengah jarak lomba.
Tapi drama berlanjut. Setelah pit stop, tim memutuskan untuk mengganti suku cadang pada sistem bahan bakar, perbaikan kompleks yang memakan waktu 48 menit.
Masalah belum berakhir setelah Kamui mengambil alih kemudi. Dengan waktu kurang dari dua jam, mobil berhenti di sisi trek ketika ada pesan kesalahan di dasbor.
Kamui memperbaiki keadan dan melanjutkan lomba, namun kalah sekitar satu menit dan menyerahkan pimpinan balapan ke Glickenhaus #709.
Tapi mobil itu hanya beberapa menit di depan sebelum masuk garasi untuk diperbaiki. Kamui memimpin lagi sampai penggantian ban yang bocor.
Kamui memotong keunggulan sebelum menyerahkan kepada Mike yang mencatat waktu tercepat balapan sambil terus memburu pemimpin.
Full course yellow dengan sisa waktu 34 menit memberi #7 kesempatan untuk mengisi bahan bakar terakhirnya dan mengamankan keunggulan yang dikemudikan oleh Mike sampai akhir lomba.
Tim sekarang akan menyelidiki masalah teknis secara rinci di markas TGR di Cologne, Jerman saat mempersiapkan balapan terbesar musim ini, Le Mans 24 Jam pada 21-22 Agustus 2021.