New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_457

Cara Rawat Ban Serep Mobil Toyota Supaya Tetap Layak Pakai

Cara Rawat Ban Serep Mobil Toyota Supaya Tetap Layak Pakai

Ban cadangan atau ban serep baru terasa manfaatnya saat kondisi darurat.

Makanya, ban serep tak boleh dianggap remeh, apalagi saat dipakai perjalanan jauh seperti liburan atau aktivitas harian.

Pemilik mobil wajib untuk merawat ban cadangan agar kondisinya selalu terjaga.

Dengan demikian, ban akan siap digunakan kapan saja dibutuhkan.

Sebenarnya tidak sulit merawat ban cadangan, sama saja seperti ban yang digunakan.

Paling utama itu menjaga tekanan udaranya tetap stabil.

Setelah itu menjaga kondisi karetnya, jadi bila darurat ban sudah ready digunakan.

Tidak sedikit pemilik mobil yang kurang mempedulikan kondisi ban cadangan.

Bahkan ada sebagian yang justru tak pernah menenggok sama sekali sehingga saat akan digunakan kondisi sudah tak layak pakai.

Hal tersebut membuat ban serep seperti hanya bagian dari aksesori atau pelengkap kendaraan saja, padahal fungsinya tidak bisa dianggap enteng.

Penting untuk diketahui bila banyak kejadian akibat ban cadangan yang telalu lama disimpan membuat kualitas karetnya menurun.

Terutama untuk ban yang tersimpan di bawah dek bagasi karena minimnya udara di area tersebut.

Paling tidak pemilik mobil satu bulan sekali melihat kondisi ban cadangan.

Untuk menjaga material karet ban tetap baik, bisa juga dioleskan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban.

Tapi bila mau maksimal, dianjurkan pemilik ban melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan.

Dengan begitu, tingkat keausan ban antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan cadangan akan merata.

Rotasi atau pergantian ban baik dilakukan khususnya bagi yang dimensi ban cadangannya sama dengan ban yang digunakan.

Adanya rotasi maka akan membuat karet dan kompon ban yang tidak pernah digunakan bisa bergerak, selain itu tingkat keausan permukaan ban juga akan merata.


Back to top