New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_690

Gejala Oli Transmisi Matik Kena Masalah

Gejala Oli Transmisi Matik Kena Masalah

Transmisi mobil matik menggunakan oli sebagai pelumas.

Uniknya, oli tranmisi matik atau automatic transmission fluid (ATF) memiliki fungsi penting lain seperti pengendali kerja dari torque conventer sebagai salah satu komponen utama.

ATF juga berfungsi untuk melepaskan panas dari komponen bergerak di transmisi matik.

Makanya, begitu oli matik bermasalah, kerja transmisi langsung terganggu dan kerusakan akan merembet ke berbagai komponen yang biaya perbaikannya tidak murah.

Waktu Ganti Oli Matik

Oli transmisi otomatis dikenal memiliki masa pakai yang panjang, tapi ada yang menyarankan penggantian setiap sekitar 40.000 – 60.000 km tergantung kondisi pemakaian.

Mobil matik yang banyak dipakai di kota besar dengan tingkat kemacetan tinggi, usia pakai ATF-nya bisa lebih singkat dari rekomendasi.

Itu karena pengaruh suhu mesin tinggi saat macet membuat suhu oli matik ikut naik selama pemakaian sehingga mengakibatkan daya lubrikasi berkurang.

Begitu pula dampak gesekan kampas kopling dan plat besi saat kopling transmisi matik bekerja membuat timbulnya residu kotoran yang lambat laun akan menumpuk.

Alhasil oli matik menjadi kotor dan mengental. Kualitas oli matik yang buruk bakal memperpendek usia pakai transmisi matik dan mengakibatkan kerusakan serius pada transmisi.

Gejala Oli Matik Bermasalah

jika oli benar-benar kotor, maka komponen-komponen transmisi tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Gigi transmisi tidak bisa berpindah atau bahkan, dalam kasus yang ekstrem, kendaraan tidak bisa jalan.

Gejala lainnya adalah transmisi ‘ngelos’ dengan tanda mobil tersendat sesaat setelah tarikan awal.

Gejala lainnya yang bisa terjadi adalah perpindahan gigi yang sulit.

Selain itu, masalah pada oli bisa dikenali saat posisi gigi transmisi sulit berpindah dan hanya berada di tingkat tertentu, misalnya tiga atau satu.

Meski mobil diperlambat atau dipercepat lajunya, posisi gigi tetap tak berubah mengikut torsi mesin.

Gejala lain yang umum terjadi adalah mobil tidak mampu atau tidak kuat diajak menanjak, terutama di tanjakan dengan kemiringan yang cukup besar.

Bahkan tuas transmisi sudah digeser ke posisi 1 atau L dan pedal gas ditekan habis sekali pun.


Back to top